Tanggulangi Persoalan Sampah, Pemdes Japura Bhakti Sediakan Ini Disetiap Blok

Tanggulangi Persoalan Sampah, Pemdes Japura Bhakti Sediakan Ini Disetiap Blok

CIREBON - Dalam upaya menanggulangi sampah, Pemerintah Desa Japura Bhakti, Kecamatan Astanajaura, Kabupaten Cirebon mengadakan bak pengangkut di setiap blok.

Hal ini bertujuan, agar sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga, bisa terkumpul dengan baik. Sehingga memudahkan saat pengangkutan.

Bak sampah tersebut berjumlah 4 unit, disertai mobil pengangkutnya yang dibelanjakan dari alokasi anggaran Dana Desa.

Menurut Kuwu Japura Bhakti, Khaerudin pengadaan bak tersebut merupakan wujud tanggungjawab pemerintah desa dalam upaya penanggulangan sampah.

Sebab, selama ini yang menjadi keluhan warga adalah tidak adanya tempat penampungan. Sehingga, warga membuang sampah bukan pada tempatnya, seperti lahan kosong atau sungai.

\"Alhamdulillah, kami bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menyediakan bak-bak untuk menampung sampah yang dihasilkan oleh tiap-tiap rumah tangga,\" tuturnya.

Bak yang terbuat dari besi berukuran kurang lebih 4x3 meter ini, bisa diangkut dengan kendaraan roda empat. Karena, lanjut Khaerudin, sudah dirancang agar memudahkan saat diperlukan untuk mobilisasi.

\"Meski besi, bak ini sudah ada sistem pengaitnya, sehingga ketika sampah penuh, oleh mobil penganggut mudah dibawa,\" lanjutnya.

Selain mengadakan bak dan kendaraan pengangkutnya, Pemerintah Desa Japura Bhakti juga membangun TPS untuk menampung sampah-sampah yang sudah terkumpul di bak-bak tersebut. \"Untuk sementara, kita sudah bangun TPS. Minimal, sampah tidak berserakan disekitar lingkungan penduduk,\" ungkap kuwu yang biasa disapa Udin ini.

Kedepan, pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Pribadi (Sekpri) H Tasiya Soemadi ketika masih menjabat sebagai Wakil Bupati Cirebon, akan menganggarkan lagi untuk membangunn instalasi pengolahan sampah yang ramah lingkungan. \"Sehingga, sampah yang sudah tertampung di TPS bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat,\" bebernya.

Perlu diketahui, untuk tahap pengadaan bak sampah, berikut mobil pengangkutnya dan TPS, Pemerintah Desa Japura Bhakti menganggarkan dari Dana Desa Tahun 2021 ini kurang lebih Rp200 jutaan. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: