Ubah Kawasan Kumuh Menjadi Wisata

Ubah Kawasan Kumuh Menjadi Wisata

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Kota Cirebon menjadi salah satu yang mendapatkan program tersebut. Dengan Kotaku, kawasan kumuh diubah menjadi lebih indah. Bahkan, berpotensi menjadi obyek wisata tujuan masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Cirebon Ir Agung Sedijono MSi mengatakan, program Kotaku berasal dari Kementrian PUPR. Dalam program tersebut, melibatkan berbagai pihak terkait. Diantaranya DPRKP. “Kotaku bertujuan mengubah kawasan kumuh menjadi lebih baik,” ucapnya. Program Kotaku menjadi langkah strategis dalam pengentasan kawasan kumuh di Kota Cirebon.

Kepala Bidang Kawasan Permukiman DPRKP Kota Cirebon Wadi SE menjelaskan, DPRKP mendukung fasilitas Kotaku dengan program kerahiman sampai penanggulangan bencana kebakaran. Dilakukan dengan melakukan pengeboran empat mata air pada empat titik RW kawasan kumuh. Sedangkan dukungan DPRKP dalam program Kotaku, kata Wadi, dengan melakukan pendampingan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Khususnya, lanjut Wadi, mengubah pola hidup masyarakat agar menjadi lebih bersih dengan tidak membuang sampah maupun buang hajat sembarangan. Karena penataaan Kotaku, area yang sebelumnya terlihat kumuh menjadi lebih indah. Bahkan, ujar Wadi, kawasan Kotaku berpotensi menjadi obyek wisata baru di Kota Cirebon. Hal ini atas kerja bersama lintas sektoral dan masyarakat, dalam upaya mewujudkan visi Sehat Hijau Agamis Tentram dan Inovatif (Sehati) Pemerintah Daerah Kota Cirebon. (ysf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: