DPPKBP3A untuk Kampung KB Berkualitas

DPPKBP3A untuk Kampung KB Berkualitas

CIREBON-Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon, gencar melakukan sosialisasi dan penyuluhan kampung Keluarga Berencana (KB) demi mewujudkan keluarga berkualitas.

Terakhir, dilakukan di Kampung KB Mawar Madu RW 03, Desa Kepuh, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Selain penyuluhan secara langsung kepada warga, sosialisasi juga dilakukan dalam bentuk tulisan. Sudah terlihat sejak gapura masuk ke kampung KB tersebut.

Di antara yang dituliskan adalah imbauan untuk berhenti melakukan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) hingga mengingatkan pasangan suami istri untuk cukup memiliki dua anak.

“Mari Beralih dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang,” tulis sosialisasi dalam mural, lengkap dengan gambar sebuah keluarga yang tampak hidup bahagia.

Kampung KB menuju keluarga berkualitas merupakan propgram DPPKBP3A. Kepala DPPKBP3A Kabupaten Cirebon Hj Enny Suhaeni SKM MKes mengimbau masyarakat untuk saling menularkan kebaikan terkait program Kampung KB tersebut. Sehingga harmonisasi dalam keluarga semakin dirasakan menyeluruh.

“Kampung KB merupakan salah satu program unggulan pemerintah sejak tahun 2016 dalam mengatasi masalah kependudukan. Terutama di wilayah-wilayah terpencil,” katanya, Rabu (15/12).

Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Keberadaan seluruh program KKBPK di dalam Kampung KB yang dikelola oleh kelompok kerja (Pokja) Kampung KB adalah sebuah langkah kombinasi dan kolaborasi program KKBPK dalam mendukung Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat. (ade/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: