Peringati Hari Ibu, Netty Heryawan: Kaum Perempuan Harus Terlindungi

Peringati Hari Ibu, Netty Heryawan: Kaum Perempuan Harus Terlindungi

CIREBON - Memperingati Hari Ibu, Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Migran Internasional. Anggota Komisi IX DPR RI Hj Netty Prasetiyani Heryawan mengikuti apel di pinggir pantai laut Cirebon, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon, Rabu (22/12/2021).

Sejumlah warga ikut dalam apel tersebut, masyarakat nelayan dan kaum ibu kampung setempat dan sekitarnya.

\"Ketiga hari itu adalah yang paling banyak berkaitan adalah perempuan, dan seorang ibu. Kesetiakawanan Sosial Nasional juga penting untuk diangkat, karena bagaimanapun tidak semua keluarga Indonesia berdaya atau sejahtera. Masih ada 16 persen keluarga Indonesia yang masuk keluarga prasejahtera. Artinya, kita butuh anggota masyarakat yang membangun dan mengadvokasi gerakan masyarakat,\" ujar Anggota Komisi IX DPR RI, Hj Netty usai apel.

Hj Netty Prasetiyani juga mengatakan, pemerintah agar memberikan perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia.

\"Tidak semua pekerja migran itu mendapatkan perlindungan, baik secara regulasi di negara tempatnya bekerja atau dari pemerintah Indonesia sendiri,” katanya.

Pihaknya mencatat, lebih dari 100 negara menjadi tujuan para pekerja migran. Namun hanya 12 negara yang memiliki atase tenaga kerja yang ditugaskan di perwakilan Indonesia.

“Artinya, kita perlu terus dorong pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada pekerja migran yang tidak dapat kesempatan kerja di dalam negeri, dan salah satunya adalah pekerja migran kelompok perempuan,\" imbuhnya.

Istri mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan ini berharap masyarakat punya kesadaran untuk saling memberdayakan guna membangun sistem perlindungan sosial di kawasannya masing-masing.

\"Saya juga berharap agar anggota legislatif untuk terus mengawal kebijakan terhadap  keluarga yang belum beruntung (miskin). Sayapun ajak teman-teman untuk memaknai secara substantif peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, Hari Migran Internasional dan Hari Ibu untuk berperan di tengah masyarakat,\" pungkasnya.

Usai mengikuti apel, Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Netty Prasetiyani Heryawan berkesempatan berdialog dan memberikan pengarahan kepada ibu-ibu.

Kemudian, berlanjut dengan mengunjungi TK Al-Fath dan menyempatkan diri bermain dengan anak-anak. Selanjutnya, meninjau sentra pengelolaan ikan asin. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: