Makanan untuk Penderita Sakit Maag yang Mudah Ditemukan di Rumah

Makanan untuk Penderita Sakit Maag yang Mudah Ditemukan di Rumah

SAKIT maag umumnya ditandai dengan nyeri di ulu hati, sakit perut, perut kembung, atau mual akibat peradangan pada dinding lambung (gastritis). Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi bakteri, stres berat, hingga efek samping obat-obatan.

Tak hanya itu, sakit maag juga dapat disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, dan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas.

Bila gejala sakit maag sering kambuh atau semakin memburuk, hal ini dapat menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti kanker lambung. Oleh karena itu, apabila Anda menderita sakit maag, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan memperhatikan kembali makanan yang boleh dikonsumsi untuk penyakit maag.

Makanan yang Baik Untuk Penderita Sakit Maag

Pemilihan makanan untuk penderita sakit maag bertujuan untuk meringankan beban kerja lambung dan membantu mengurangi kelebihan asam lambung. Ada berbagai makanan untuk penyakit maag yang baik dikonsumsi, antara lain:

1. Buah-buahan

2. Jahe

3. Oatmeal

4. Lidah buaya

5. Sayuran hijau

8. Daging

Selain mengonsumsi makanan untuk penyakit maag di atas, Anda juga disarankan untuk makan teratur dan jangan membiarkan perut kosong terlalu lama. Jika Anda sering terlambat makan, produksi asam lambung Anda akan meningkat dan hal ini bisa memicu terjadinya sakit maag akibat iritasi lambung.

Penderita sakit maag juga dianjurkan menghindari makanan yang dapat menghasilkan gas, seperti lobak, ubi, brokoli, kubis, jamur, dan gorengan, karena bisa membuat perut kembung dan memperparah sakit maag.

Selain mengonsumsi makanan untuk penyakit maag, gejala sakit maag juga sering kali perlu diatasi dengan obat-obatan, seperti antasida atau obat penurun asam lambung.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, jika maag Anda tak kunjung sembuh atau tidak membaik meski sudah mencoba beberapa makanan untuk penyakit maag.(len)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: