Misa Malam Natal di Kota Cirebon Aman dan Kondusif

Misa Malam Natal di Kota Cirebon Aman dan Kondusif

CIREBON – Pelaksanaan ibadah misa malam natal, Jumát (24/12/2021) di Kota Cirebon berjalan dengan kondusif.

Hal ini berdasarkan hasil monitoring Satgas Covid-19 Kota Cirebon bersama Forkopimda dari mulai sore hingga jelang pelaksanaan ibadah misa malam natal.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi, bahwa antusiasme umat Nasrani dalam menjalankan ibadah misa malam natal sangat tinggi. Meski, hujan mengguyur Kota Cirebon dan sekitarnya.

“Alhamdulillah, monitoring dan evaluasi pengamanan natal dan tahun baru, semuanya lancar. Terlihat, semangat saudara-saudara kita tidak menyurutkan langkahnya untuk pergi ke gereja,” tuturnya.

Pihaknya juga merasa bersyukur, karena pada malam ini Kota Cirebon terlihat kondusif. “Kami selaku Pemerintah Daerah menjamin bahwa saudara kita yang sedang memperingati natal bisa aman, nyaman tanpa ada ganguan kamtibmas,” imbuh Gus Mul-sapaan akrab Sekda Kota Cirebon ini.

Gus Mul berharap, setiap sesi misa, pihak gereja tetap menerapkan protocol kesehatan. Agar, peringatan natal kali ini tetap berjalan dan terkendali. “Saya terus ingatkan agar tidak lepas untuk terapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sementara, Kapolres Cirebon Kota, AKBP Fahri M Siregar menyatakan bahwa, untuk mengamankan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, telah menerjunkan 1000 personil yang terdiri dari anggota Polri yang termasuk didalamnya Brimob. Kemudian, anggota TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

“Untuk aparat kepolisian, kami menempatkan 2 personil di setiap gereja. Tugas mereka, tidak hanya pengamanan. Tapi, juga membantu Satgas Covid-19 yang ada di gereja-gereja untuk melaksanakan protokol kesehatan yang ketat,” ucapnya.

Selain menempatkan personil, Polres Cirebon Kota juga melakukan patroli ke tiap-tiap gereja, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perayaan Natal.

“Kami juga ada patroli datang kesatu gereja-gereja untuk memastikan keamanan dari kegiatan ibadah misa ini,” katanya.

Tempat terpisah, Ketua Perayaan Natal GBI Kalvari Cirebon, Sukimto menyebutkan, dalam pelaksanaan ibadah Natal, pihaknya membagi kedalam tiga sesi. Pertama, sesi ibadah syukur malam kudus yang berlangsung pada Jumát (24/12/2021).

Kedua, ibadah syukur Natal pada hari Sabtu (25/12/2021) pada pukul 10 pagi. Dan, ketiga, ibadah syukur Natal pada pukul 6 sore. “Selama prosesi pelaksanaan ibadah misa, protokol kesehatan dilakukan secara ketat, setiap jamaat harus menunjukkan kartu vaksin dan menscan ke aplikasi PeduliLindungi,” singkatnya. (jrl)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: