Hujan Deras, Wilayah Bantaran Sungai Singaraja Alami Banjir

Hujan Deras, Wilayah Bantaran Sungai Singaraja Alami Banjir

CIREBON – Hujan deras yang mengguyur wilayah Cirebon dan sekitarnya pada Kamis (6/1/2022) sejak pukul 17.00 WIB hingga larut malam, membuat sejumlah desa di bantaran sungai Singaraja mengalami banjir dan genangan air.

Sungai Singaraja yang melintasi wilayah Kecamatan Susukan Lebak, Lemahabang, Astanajapura dan Pangenan Kabupaten Cirebon, selalu limpas apabila diguyur hujan deras.

Biasanya, wilayah yang paling terdampak adalah Kecamatan Astanajapura, terdiri dari Desa Japura Bhakti dan Japura Kidul. Sementara, di wilayah Kecamatan Pangenan, yang paling terdampak adalah Desa Japura Lor, Astanamukti dan Pengarengan.

Di Desa Japura Bhakti Kecamatan Astanajapura, air dari sungai Singaraja sudah menggenangi jalan sekitar pukul 19.00 WIB, Kamis (6/1/2022) malam. “Ketinggian air setinggi mata kaki hingga betis orang dewasa,” kata salah seorang warga Japura Bhakti, Dede Ahmad saat dihubungi via pesan WhatsApp.

Dia berharap, hujan tidak berlanjut hingga pagi hari. Sebab, apabila hal itu terjadi, maka air akan sulit surut dan bisa menggenang rumah warga.

“Banjir sudah menjadi langganan tiap tahun. Tapi, kalau hujannya tidak sampai pagi, air cepat surut. Semoga saja,” ungkapnya.

Berdasarkan pantuan radarcirebon.com, genangan air juga terjadi di Desa Japura Kidul. Namun, hingga saat ini belum mendapatkan informasi pasti terkait luasan genangan air dan dampak yang ditimbulkan. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: