Pengamat: Ridwan Kamil Punya Kelebihan Jika Pimpin Otorita Ibukota Baru

Pengamat: Ridwan Kamil Punya Kelebihan Jika Pimpin Otorita Ibukota Baru

CIREBON - Pemerintah secara resmi akan memindahkan Ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Begitu juga Gubernur Ridwan Kamil  kabarnya diproyeksikan sebagai Kepala Otorita Ibukota Baru (IKB) di Kalimantan Timur.

Ketua Sekolah Tinggi Tehnologi Cirebon (STTC), Iwan Oyrnama ST MT kepada Radar mengaku setuju jika Ibukota negara dibawah pengelolaan badan otorita.

Hal ini bukan tanpa alasan, kata Iwan, mengingat dalam proses perencanaan dan pengembangannya tentu memiliki permasalahan dan tantangan tersendiri.

\"Tidak mudah menyiapkan ibukota sebagai kawasan yang siap memenuhi kepentingan negara jangka panjang dalam semangat pembangunan yang keberlanjutan (sustainable development),\" kata Iwan Purnama.

Siapapun yang memimpin Otorita, menurut Iwan,  tidak masalah. Termasuk santer mencuatnya nama Ridwan Kamil menjadi kepala Otorita IKB Di Kaltim.

Iwan menilai,  Ridwan Kamil yang pernah menjabat sebagai Walikota dan sekarang sebagai Gubernur, serta berlatar belakang arsitek,  tentu menjadi nilai lebih jika dipercaya sebagai kepala Badan Otorita.

\"Kapasitasnya tentu dapat mempermudah perencanaan dan perancangan ibukota negara ke depan,\" tandasnya.

Meskipun demikian, sambung Iwan, dalam prosesnya tentu bukan hanya masalah fisik spasial yang harus diperhatikan, tetapi kesiapan sumber daya manusia mutlak dipersiapkan sebaik mungkin. (abd)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: