Hasil Piala Asia Wanita 2022: Indonesia vs Thailand, Skor 0-4

Hasil Piala Asia Wanita 2022: Indonesia vs Thailand, Skor 0-4

MUMBAI – Lagi, Indonesia kalah di Piala Asia Wanita 2022. Itu setelah pada laga kedua pada Grup B, Indonesia kalah oleh Thailand, Senin (24/1). Berlangsung di Stadion DY Patil Sports, Mumbai, India, Indonesia kalah telak 0-4.

Sebelum bentrokan ini, kedua tim sama-sama merasakan kekalahan pada awal kiprahnya di Piala Asia Wanita 2022. Garuda Pertiwi, julukan timnas putri Indonesia, takluk dengan skor mencolok dari Australia yakni 0-18, Jumat (21/1). Sementara pada hari yang sama, timnas putri Thailand menyerah dengan skor tipis 0-1 menghadapi Filipina.

Menghadapi Thailand, pelatih timnas putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada melakukan berbagai rotasi pemain. Dibandingkan kala bersua Australia, kini pemain seraya Zahra Muzdalifah dan Viny Silfianus tidak lagi dipercaya menjadi starter.

Timnas putri Indonesia coba mengambil inisiatif serangan langsung saat laga dimulai, namun mengalami kebuntuan. Setelahnya, timnas putri Thailand mampu mendominasi penguasaan bola, meski juga masih belum bisa memecah kebuntuan. Pada menit ke-10, Kanyanat Chetthabutr punya peluang emas, sebab tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper, tapi bola masih tinggi di atas gawang.

Empat menit berselang, di tengah kepungan para pemain Thailand, kiper timnas putri Indonesia, Fani Supriyanto, melakukan penyelamatan untuk memotong bola umpan silang.

Pada menit ke-20, gawang timnas putri Indonesia kembali selamat berkat aksi Fani di bawah mistar yang melakukan tip bola sehingga masih mengenai mistar.

Gol akhirnya diciptakan Thailand pada menit ke-27 melalui Kanyanat Chetthabutr setelah memanfaatkan skema sepak pojok.

Tertinggal 0-1 membuat timnas putri Indonesia bereaksi untuk coba keluar menyerang setelah sebelumnya terus dipaksa menjaga pertahanan oleh lawannya.

Kendati begitu, Thailand tak tinggal diam. Sebab, tidak mengendurkan intensitas tekanan dan melanjutkan dominasi penguasaan bola.

Pelatih Rudy Eka kemudian melakukan dua pergantian langsung, menarik Marsela Yuliana dan Insyafadya Salsabillah serta memasukan Zahra Muzdalifah dan Carla Pattinasarany.

Tapi tak lama berselang, Thailand malah menciptakan gol kedua melalui skema serangan cepat yang diakhiri dengan baik oleh Kanyanat Chetthabutr pada menit ke-36.

Tertinggal 0-2 belum bisa membuat Garuda Pertiwi terlecut dan berbalik mengancam. Tekanan memang terus diberikan oleh para pemain lawan.

Pada penghujung babak pertama, Thailand punya peluang emas, tapi bola masih membentur tiang. Skor 0-2 pun bertahan saat turun minum.

Memasuki babak kedua, Rudy Eka langsung menarik keluar Shalika Aurelia dan memasukan Rani Mulyasari. Kendati begitu, timnas putri Thailand masih tepat mendominasi permainan, menguasai bola, mengepung pertahanan Indonesia dan melancarkan serangan demi serangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: