Tol Al Haka

Tol Al Haka

Mas Yanto orang Jawa tapi lahir, besar, sampai jadi sarjana di Lampung. Lalu jadi dirut Radar Cirebon.

Bung Aca orang Lampung yang lahir dan besar di Bengkulu. Lalu jadi dirut Radar Lampung.

Dua orang itu menjadi tour guide yang baik di sepanjang jalan tol. Mereka bisa menunjuk di mana kampungnya Erick Thohir, kampungnya Aburizal Bakrie, kampungnya Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, kampungnya Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Dari jalan tol ini juga bisa dimonitor: oh... itu kebun nanas milik Great Giant Pineapple. Yang begitu luas. Tidak habis-habisnya.

Oh... itu kebun tebu milik swasta itu. Yang dulu berperkara itu. Oh... itu perkebunan tebu milik PTPN 7. Oh... Itu kebun singkong untuk pabrik tapioka.

Ternyata tidak banyak perbaikan jalan di jalur Bandar Lampung–Palembang ini. Sampai dengan perbatasan Lampung-Sumsel, hanya ada empat perbaikan. Itu pun tidak berat. Beda dengan jalur Bakauheni-Bandar Lampung (Disway 4/2/2022).

Kualitas jalannya pun juga cukup bagus. Lebih baik dari Palimanan–Batang (Jabar-Jateng). Rasanya hanya di sekitar jembatan sungai Mesuji –yang memisahkan dua provinsi itu– yang bergelombang. Sekitar 1 Km.

Begitu memasuki Sumsel beda sekali. Kanan-kiri jalan banyak terlihat rawa. Bahkan sampai pun mendekati Hollywood –sebutan keren orang di sana untuk kabupaten Kayu Agung.

Rawanya tetap bisa ditumbuhi tanaman liar.

Sebenarnya jalan tol itu bisa ditempuh 4 jam. Luar biasa. Dibanding 12 jam di masa lalu.

Tapi kami tidak buru-buru. Juga ada unsur sial (baca: missed management). Orang Lampung di dekat saya itu terlalu percaya diri: ini kan di kampung sendiri.

Mereka tenang saja ketika tanda bensin berubah ke warna kuning. \"Saya tidak khawatir, 20 Km lagi ada rest area,\" katanya.

Padahal kami baru saja berhenti di rest area sebelumnya: untuk salat duhur jamak asar. Masjid Al Hikmah itu ramai sekali. Pertanda jalan tol ini sudah ramai.

\"Kenapa tadi tidak sekalian isi bensin?\" tanya saya.

\"Di rest area berikutnya saja. Sekalian bisa mampir lagi\". \"Tapi lampu sudah kuning\".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: