Ketahanan Pangan Dalam Lahan Sempit

Ketahanan Pangan Dalam Lahan Sempit

KETERSEDIAAN lahan pertanian di Kota Cirebon, semakin berkurang. Karena itu, langkah inovasi terus dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP). Diantaranya dengan membuat Smart Green House (SGH). Sebagai upaya ketahanan pangan dalam lahan sempit. Sangat cocok untuk masyarakat Kota Cirebon.  

Kepala DKPPP Kota Cirebon Ir Hj Yati Rohayati mengatakan, SGH alternatif solusi meningkatkan ketahanan pangan dalam lahan sempit.

Dengan konsep alami tanpa pestisida, sayuran dan buah yang dihasilkan lebih berkualitas, sehat dan terjamin aman. “SGH tidak tergantung cuaca dan terkoneksi dengan android. Dapat mengatur suhu serta memantau tanaman darimana saja,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Yati Rohayati, DKPPP memiliki dua SGH di UPT Balai Pengembangan Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPBTPH).

BACA JUGA:

·  Kasus Covid-19 Kota Cirebon Terus Menanjak, Kadinkes: Kalau Saya Sih Minta PJJ, Save The Community!

·  Satgas Covid-19: Kasus Covid-19 Omicron Melebihi Delta

UPT tersebut terletak di suasana asri Argasunya Kota Cirebon. Dengan SGH, satu bulan sudah panen sayuran. Buah golden melon yang biasa impor, dapat tumbuh di SGH dengan masa panen sekitar dua bulan. Termasuk buah strowberi, tomat ceri dan lainnya.

UPT BPBTPH DKPPP, dapat menjadi tempat edukasi wisata. “Mau belajar SGH dengan sistem modern maupun konvensional, kami siap. Silahkan masyarakat datang dan manfaatkan keberadaan UPT ini,” ajaknya. Dengan lahan sempit sekalipun, tetap bisa produktif. Hal ini, kata Yati Rohayati, disamping memenuhi kebutuhan keluarga, dapat pula sebagai peluang usaha bagi masyarakat. (ysf)

BACA JUGA:

·  Ini Foto Nisan Dorce Gamalama, Tertulis Nama Asli

·  Nama Asli Dorce, Ini yang Ditulis di Nisan Makam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: