Sejarah Nyi Roro Kidul, Putri Prabu Siliwangi yang Terbuang dari Istana

Sejarah Nyi Roro Kidul, Putri Prabu Siliwangi yang Terbuang dari Istana

Radarcirebon.com - Sejarah Nyi Roro Kidul hingga kini masih sulit ditelusuri sumber-sumbernya. Selama ini, Ratu Penguasa Pantai Selatan itu, hanya menjadi cerita rakyat.

Namun, dari sekian banyak cerita rakyat yang beredar, dikaitkan pula dengan sejarah Kerajaan Pajajaran dan disebutkan bahwa Nyi Roro Kidul adalah Prabu Siliwangi yang terusir dari keraton.

Kisah pilu dalam sejarah Nyi Roro Kidul terjadi saat dirinya menjelang dewasa. Bahkan, sudah dipersiapkan menjadi pewaris takhta dari Kerajaan Sunda atau Pajajaran.

Bila merujuk pada cerita rakyat yang satu ini, besar kemungkinan Nyi Roro Kidul muda hampir satu usia dengan Prabu Surawisesa yang merupakan anak dari Prabu Siliwangi dan Raja Pajajaran setelah ayahnya mangkat.

Baca juga:

Namun, bila Prabu Surawisesa terlacak garis keturunannya yakni dari ibunya Nyi Kentring Manik. Sementara Nyi Roro Kidul, tidak diketahui siapa ibunya dari deretan istri Prabu Siliwangi.

Seperti diketahui, Prabu Siliwangi yang wafat di usia 120 tahun, hanya memimpin Kerajaan Sunda atau Pajajaran selama 39 tahun. Di masa itu, Sri Baduga Maharaja menikah 151 kali.

Ada juga sumber yang menyebutkan menikah 56 kali. Namun, dari jumlah sebanyak itu, yang dikenal publik hanya tiga istri. Yakni, Nyi Subang Larang, Nyi Kentring Manik dan Nyi Ambet Kasih atau Rambut Kasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: