Telkom, Membuat Sistem Lebih Teratur

Telkom, Membuat Sistem Lebih Teratur

CIREBON - Data akurat serta penyediaan informasi yang cepat merupakan salah satu faktor penunjang kinerja pelayanan rumah sakit. Penyediaan dan pengelolaan data dapat dirancang, dibangun, dan dikembangkan dalam sebuah sistem informasi rumah sakit. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui anak perusahaan PT Administrasi Medika (AdMedika) menghadirkan aplikasi HiSys e-Hospital untuk mempermudah hal tersebut. Seperti disampaikan oleh Senior Manager Business Development PT AdMedika, M. Rizal Maidin. Telkom mengembangkan banyak aplikasi, salah satunya Aplikasi HiSys e-Hospital memberi manfaat dan memudahkan pemilik klinik, puskesmas, bidan, dan rumah sakit. \"Bisa real time, online, dan diakses dimana saja. Pemilik bisa tahu yang daftar ke Poli Umum berapa pasien, yang diperiksa dokter siapa saja, jumlah uang kas berapa, dan sebagainya. Semua terintegrasi dalam satu sistem ini,\" katanya kepada Radar, Kamis (24/10). Secara sistem, lanjut dia, aplikasi HiSys e-Hospital ini dapat membantu pihak rumah sakit dalam membuat laporan. Tidak secara manual lagi. Sehingga sistem informasi dalam rumah sakit dapat berjalan dengan baik. \"Bahkan sebuah studi yang pernah kami lakukan, menemukan beberapa faktor penyebab mengapa sistem informasi dalam sebuah rumah sakit tidak berjalan. Yakni sistem manual yang tidak memadai, sistem dokumentasi yang tidak traceable, pola komunikasi data konvensional, penggunaaan aplikasi yang tidak terintegrasi, aplikasi dengan teknologi yang sukar dikembangkan, dan layanan teknis yang tidak menunjang,\" bebernya. Sehingga, diharapkan melalui aplikasi HiSys e-Hospital pihak rumah sakit dapat lebih meningkatkan efisiensi, kemudahan, standar praktik kedokteran yang baik dan benar, serta dokumentasi yang auditable dan accountable. Sekaligus mendukung pemasaran jasa rumah sakit yang meliputi mutu, kecepatan, kenyamanan, kepastian, biaya, bahkan gengsi pelayanan. \"Dengan aplikasi ini mampu meningkatkan profesionalisme dan kinerja manajemen rumah sakit. Mendukung koordinasi antar bagian dalam rumah sakit. Meningkatkan pendapatan rumah sakit, dan masih banyak manfaat lainnya,\" ujarnya. Apalagi, lanjut dia menyongsong BPJS awal tahun 2014. Sudah selayaknya rumah sakit maupun klinik memiliki aplikasi yang handal untuk menjalankan sistem informasi di rumah sakit. \"Saat ini sudah ada 300 rumah sakit yang menggunakan aplikasi HiSys e-Hospital seluruh Indonesia. Salah satunya RSIA Khalishah Palimanan yang pertama di wilayah Cirebon. Kami sangat apresiasi dan akan terus mensosialisasikan produk kami ini. Baik melalui pameran, website di www.telkom.co.id, gathering, dan sebagainya,\" terangnya. Senada disampaikan oleh Business Account Manager Witel Jabar Timur, Rini Sasmita. Menggunakan aplikasi ini, pihak rumah sakit lebih mudah untuk memonitor banyak hal di rumah sakit tersebut. \"Salah satu manfaat yang paling terasa ketika aplikasi HiSys e-Hospital ini diimplementasikan adalah kecepatan penyelesaiaan pekerjaan administrasi. Tidak perlu manual. Investasi pun tidak banyak. Rumah sakit tinggal pakai, tenaga IT yang penting mengerti cara mengoperasikan komputer dan internet,\" jelasnya. (nda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: