Mati Hidup

Mati Hidup

Semua tanaman unggulan dari Sikka akan dikerjakan pakai teknologi baru seperti itu.

Termasuk pala dan lada. Dengan itulah Roby ingin mengubah Sikka —kabupaten paling kering di antara seluruh kabupaten di Flores yang kering.

Justru ketika sudah menemukan cara baru itu, Roby dikejutkan dengan kreativitas rakyatnya.

Ada satu petani di Sikka yang bisa menanam vanili tanpa irigasi apa pun. Vanili itu tetap subur di musim paling kering sekali pun. Caranya?

\"Ia menanam vanili di dekat pohon Kamboja Hutan. Vanilinya merambat di pohon itu. Dapat air dari pohon itu,\" kata Roby.

Pohon Kamboja Hutan memang banyak tumbuh di Sikka. Rupanya itulah salah satu pohon yang mampu bertahan di tanah yang sangat kering.

Nama petani: Fery, dari Desa Uma Uta, Kecamatan Bola.

Saya jadi ingin menyaksikan sendiri penemuan petani Sikka yang baru ini. Bahkan saya belum tahu seperti apa Kamboja Hutan itu.

Mungkin saja saya sudah pernah ketemu dengannya. Ketika keliling Flores dulu. Hanya saya mungkin belum mengenalnya.

\"Jadi, ke depan, lebih mengandalkan irigasi drip atau Kamboja Hutan?\" tanya saya.

Sang bupati berpikir sejenak. \"Dua-duanya,\" katanya.

Roby ke Surabaya Sabtu lalu. Ia ingin merayu pengusaha kapal: agar mau membuka jalur pelayaran ro-ro Surabaya-Sikka. Roby ingin mengembangkan industri ikan tangkap di Sikka.

Posisi Sikka adalah di selatan Laut Arafuru yang kaya ikan. Maumere —ibu kota Sikka— ingin ia jadikan pusat pengolahan hasil laut.

\"Kan sudah ada Pelni yang secara rutin menyinggahi Maumere?\" kata saya.

\"Kapal Pelni mampir-mampir banyak daerah lain. Kami perlu kapal yang membawa ikan langsung dari Sikka ke Surabaya,\" katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: