Perang Ukraina Membuat 1,7 Miliar Orang Kesulitan Dapat Makanan Hingga Energi

Perang Ukraina Membuat 1,7 Miliar Orang Kesulitan Dapat Makanan Hingga Energi

Radarcirebon.com - Akibat dari invasi Rusia ke Ukraina, sebanyak 1,7 miliar orang di seluruh dunia terdampak masalah pasokan makanan, energi dan keuangan.

Dikutip Anadolu Agency pada Rabu, 13 April 2022, seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Antonio Guterres.

Guterres mengatakan,“Sebanyak 1,7 miliar orang, sepertiga di antaranya sudah hidup dalam kemiskinan, sekarang sangat rentan terhadap gangguan dalam sistem pangan, energi dan keuangan yang memicu peningkatan kemiskinan dan kelaparan”.

Guterres menyebutkan 36 negara mengandalkan Rusia dan Ukraina untuk lebih dari setengah impor gandum mereka, termasuk beberapa negara termiskin dan paling rentan.

BACA JUGA:

Sebelum perang, harga gandum dan jagung sudah naik, namun memburuk hingga meroket 30 persen sejak dimulainya perang pada 24 Feberuari.

Mengingat Rusia adalah pemasok energi utama, harga minyak, gas alam, dan pupuk juga menjadi tinggi.

\"Harga minyak naik lebih dari 60 persen selama setahun terakhir, mempercepat tren yang berlaku. Hal yang sama berlaku untuk harga gas alam, yang telah naik 50 persen dalam beberapa bulan terakhir,\" ujar Guterres.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: