Axiata dan XL Axiata Sukses Selesaikan, Akuisisi 66,03% Saham Link Net

Axiata dan XL Axiata Sukses Selesaikan, Akuisisi 66,03% Saham Link Net

Radarcirebon.com, JAKARTA - Axiata Group Berhad (Axiata) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) resmi akuisisi bersama atas 66,03 persen saham PT Link Net Tbk (LINK) senilai RM 2,63 miliar atau sekitar Rp 8,7 triliiun. Kemudian, setelah akuisisi tersebut grup Axiata akan melakukan penawaran tender wajib (tender offer) untuk membeli 33,97 persen saham LINK yang tersisa di publik.

Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (AII), anak usaha yang tidak langsung dimiliki Axiata dan XL Axiata memegang masing-masing 46,03 persen dan 20 persen setelah akuisisi dari gabungan keseluruhan saham Link Net sebesar 66,03 persen. Sebelumnya saham Link Net dimiliki oleh Asia Link Dewa Pte Ltd dan PT First Media Tbk.

Total kepemilikan Axiata atas saham Link Net melalui AII dan XL Axiata setelah selesai akuisisi sebesar 58, 33 persen. ALL akan wajib melakukan penawaran tender wajib membeli 33,97 persen saham Link Net yang tersisa sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia (rencana MTO). Perseroan menyatakan detil mengenai rencana MTO akan diumumkan pada waktunya. Rencana MTO diharapkan selesai pada kuartal III 2022.

\"Penyelesaian akuisisi Link Net menandai tonggak penting perjalanan operasional Axiata di regional. Dengan kehadiran Link Net menjadi keluarga Axiata, akan memperkuat posisi kami sebagai Juara Digital di tingkat Regional dalam menyediakan layanan-layanan telekomunikasi konvergensi, selaras dengan spirit kami untuk ‘Memajukan Asia’,” kata Joint Acting Group CEOs, Axiata Dr Hans Wijayasuriya dan Vivek Sood dalam keterangan resminya, ditulis Kamis (23/6/2022).

BACA JUGA:

Sementara itu, dengan akuisisi ini, Link Net dan XL Axiata akan berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan sinergi melalui kombinasi posisi bersama di dalam penyediaan layanan komunikasi tanpa kabel (wireless) dan layanan-layanan komunikasi lainnya, berbagi jaringan tulang punggung (backbone) dan transmisi, serta hubungan yang luas antara kedua pelanggan di Indonesia.

Digabung dengan layanan korporasi milik XL Axiata termasuk koneksi seluler, Link Net akan lebih siap untuk memanfaatkan pasar korporasi yang sedang berkembang di Indonesia.

\"Kami sangat senang dengan potensi dan kemungkinan yang muncul dari akuisisi ini. Sejak diumumkan pertama kali, kami telah mengidentifikasi beberapa area sinergi yang terbuka dari kerja sama ini dan dapat dilakukan bersama dengan Link Net, memanfaatkan kekuatan kolektif kami dalam konektivitas seluler, pita lebar berbasis kabel (fixed broadband), dan konten,” ujar Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam keterangan tertulis.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: