Petilasan Prabu Siliwangi di Desa Pajajar Majalengka, Dulu Bekas Pertapaan

Petilasan Prabu Siliwangi di Desa Pajajar Majalengka, Dulu Bekas Pertapaan

Petilasan Prabu Siliwangi di Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.-Ist/tangkapan layar-radarcirebon.com

Dalam kawasan wisata ini terdapat dua talaga (Talaga Emas dan Talaga Pancuran) yang dianggap airnya suci oleh masyarakat sekitar dan pengunjung, sehingga sebelum melakukan ritual di patilasan tersebut pengunjung diharuskan mandi bersih di dua talaga tersebut.

Selain talaga dan patilasan Prabu Siliwangi, dikawasan wisata ini juga terdapat pohon bambu peninggalan soekarno yang dari tahun ke tahun berjumlah 5 buah (tumbuh 1, mati).

BACA JUGA:Bertemu dengan Nyoman, Kapolda metro Jaya Maafkan Atas Perbuatan

BACA JUGA:Lawan Atletico Madrid, Manchester United Kalah 1-0

Serta adanya kolam pemandian bagi pengunjung. Selain keindahan alam, pengunjung dapat menyaksikan kera-kera liar di sekitar kawasan ini dan berbagai jenis ikan langka yang terdapat di Balong Cikahuripan.

Selain itu di kawasan ini terdapat arena outbond (camping), kolam renang dan situ cipadung yang berbatasan langsung dengan Desa Indrakila Kecamatan Sindang.

Kawasan wisata hutan lindung patilasan Prabu Siliwangi yang memiliki berbagai macam kegiatan wisata (alam, ziarah, dan buatan) sehingga menjadi objek wisata unggulan Kabupaten Majalengka. 

Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung dari Kabupaten Majalengka maupun dari luar Kabupaten Majalengka (Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka).

BACA JUGA:Suzuki Luncurkan Jimny Sierra 4Sport Hanya 100 Unit, Minat?

BACA JUGA:Hasil Laga Pekan ke-2 Liga 1 Musim 2022-2023: Barito Putra Sukses Hancurkan Borneo FC

Pasanggrahan Prabu Siliwangi adalah suatu situs sejarah peninggalan petilasan Kerajaan Pajajaran letaknya di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka Jawa Barat barat.

Belum ada prasasti ditemukan yang memperkuat adanya jejek-jejak Pajajaran di wilayah ini. Diperkirakan bukti tersebut terkubur saat letusan besar gunung Ciremai abad ke XVI dan XVII.

Namun keyakinan masyarakat dan adanya batu tegak atau Menhir di tengah kawasan Wisata Pesanggrahan Prabu Siliwangi memperkuat kawasan tersebut sebagai petilasan Prabu Siliwangi di Desa Pajajar, Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: