Wali Songo Mendaki Gunung Ciremai, Bekal Habis di Pengasinan, Begini Kisahnya

Wali Songo Mendaki Gunung Ciremai, Bekal Habis di Pengasinan, Begini Kisahnya

Kisah Wali Songo mendaki Gunung Ciremai. -Ist/tangkapan layar-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Wali Songo termasuk Sunan Gunung Jati diriwayatkan pernah mendaki Gunung Ciremai. Kisah ini disebutkan berkaitan dengan beberapa tempat di jalur pendakian.

Seperti diketahui, beberapa tempat di jalur pendakian Gunung Ciremai dikisahkan memiliki keterkaitkan dengan riwayat Wali Songo mendaki Gunung Ciremai. 

Misalnya, Batu Lingga yang dikaitkan dengan sebuah batu tempat Sunan Gunung Jati merenung di tengah mendaki Gunung Ciremai. 

Keberadaan Batu Lingga tidak hanya berkaitan dengan kisah Wali Songo mendaki Gunung Ciremai, juga terhubung ke kisah sejarah Desa Linggajati atau Linggarjati. 

BACA JUGA:Wikipedia Fadil Imran Diedit Terima Suap dari Ferdy Sambo, Begini Nasib Pelakunya

BACA JUGA:Marsma Wastum, Pilot TNI AU dari Cirebon yang Intercept Pesawat Amerika Serikat

Tempat lain yang dikisahkan berkaitan dengan Wali Songo mendaki Gunung Ciremai adalah Pengasinan. Ini juga berada di Jalur Pendakian Linggarjati.

Pengasinan adalah sebuah tempat menjelang puncak Gunung Ciremai, yang dikisahkan ketika itu Wali Songo menyantap bekal terakhirnya. 

Kisah Wali Songo mendaki Gunung Ciremai, rupanya berkaitan dengan sejarah Jalur Pendakian Linggarjati yang dikenal terjal dan ekstrem.

Secara tahun, sulit diketahui kapan sebenarnya Wali Songo mendaki Gunung Ciremai. Kisah ini pun banyak bersumber dari cerita tutur warga atau sesepuh.

BACA JUGA:Laudya Chintya Bella Menikah dengan Pangeran Dubai, Viral di Tiktok, Asisten Beri Klarifikasi

BACA JUGA:Viral Bansos Diduga Dipendam Oknum JNE di Depok, Sudah 2 Tahun, Bantuan Presiden

Kendati demikian, banyak keterkaitan dan kesamaan nama tempat di Jalur Pendakian Linggarjati, dengan kisah Wali Songo mendaki Gunung Ciremai.

Alkisah, Wali Songo mendaki Gunung Ciremai termasuk di dalamnya Sunan Gunung Jati, dipandu oleh Satria Kawirangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: