Kokohkan Akidah, Ponpes Abu Manshur Gelar Makesta IPNU- IPPNU

Kokohkan Akidah, Ponpes Abu Manshur Gelar Makesta IPNU- IPPNU

Ponpes Abu Manshur gelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) dan pelantikan pimpinan komisariat (PK) IPNU-IPPNU Pondok Pesantren Abu Manshur 1-Istimewa-Radar Cirebon

Radarcirebon.com, CIREBON – Ponpes Abu Manshur bersinergi dengan pimpinan anak cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Weru. 

Digelar kegiatan masa kesetiaan anggota (Makesta) dan pelantikan pimpinan komisariat (PK) IPNU-IPPNU Pondok Pesantren Abu Manshur 1 pada Sabtu dan Minggu (30, 31 Juli 2022). 

Kegiatan ini sekaligus upaya mengokohkan akidah ahlisunah wal jama’ah dan memupuk kecintaan para santri kepada NKRI

Makesta merupakan jenjang kaderisasi formal pertama dalam organisasi IPNU dan IPPNU. Makesta diharapkan mencetak kader yang mampu menghidupkan NU di tengah masyarakat.

BACA JUGA:Tradisi Jamasan Keraton Kasepuhan, Cuci Benda Pusaka di Bulan Suro

Dalam Makesta kali ini, Ponpes Abu Manshur dan PAC IPNU-IPPNU kecamatan Weru mengambil tema ‘Mencetak kader muda yang kuat dan kreatif, berakidah Ahlussunnah wal Jamaah’. 

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah mengenalkan IPNU-IPPNU kepada para santri, memberi pemahaman pentingnya organisasi, menanamkan ideologi Aswaja Annahdliyah, dan memberi stimulus santri untuk selalu belajar, berjuang, dan bertakwa. 

"Saya berpesan kepada kalian semua santri-santri Ponpes Abu Manshur agar selalu berpegang teguh kepada NU dari sekarang sampai kalian tua nanti dan sampai menutup usia, karena ajaran Nahdlotul Ulama adalah ajaran yang benar yang dibawa oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. NU adalah ahlussunnah wal jamaah,” tutur Pengasuh Pondok Pesantren Abu Manshur KH. Moh. Alimudin, Lc Alhafidz.

Sementara itu, Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon, Ahmad Yusuf dalam sambutannya merasa kagum dengan kegiatan Makesta kali ini.

BACA JUGA:Odong-Odong Dilarang Beroperasi di Jalan, Bisa Pidana 1 Tahun Penjara dan Denda Rp24 Juta

Pasalnya, ini adalah kegiatan Makesta dengan jumlah peserta paling banyak yang pernah ia temui yakni mencapai 360 peserta, khususnya di daerah Kabupaten Cirebon.

“Saya tidak menyangka jika pesertanya akan sebanyak ini. Ini rekor terbaru selama kepungurusan saya. Tentunya, ini sejalan dengan tujuan kami, yakni menyebarkan kader muda NU melalui pembentukan di PK,” tambahnya. 

Ketua IPNU Kabupaten Cirebon juga memberikan apresiasi terhadap Pengasuh Pondok Pesantren Abu Manshur 1 yang telah mengadakan kegiatan Makesta di pondok ini, karena di beberapa pondok pesantren tidak semua kyai menekankan santrinya untuk mengikuti kegiatan pengkaderan dan ikut aktif terlibat dalam memperjuangkan Jam’iyah Nahdlotul Ulama. 

Hadir dalam pembukaan acara tersebut Kyai Syarif selaku Rois syuriyah MWC NU kec. Weru dan ketua Tanfidziah MWC NU kec. Weru KH. Syekhu Aziz dan para pengurus banom NU yang ada di wilayah Weru Cirebon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: