Cirebon Open 2022 Berakhir, Tuan Rumah Juara Umum dengan 9 Emas

Cirebon Open 2022 Berakhir, Tuan Rumah Juara Umum dengan 9 Emas

Atlet Taekwondo Kota Cirebon memperagakan gerakan dalam kategori poomsae, kemarin. Foto: -SENO DWI PRIYANTO-RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIREBON -- Kejuaraan Taekwondo Cirebon Open 2022 resmi berakhir setelah digelar selama dua hari mulai dari Sabtu-Minggu (30-31/7).

Kejuaran yang berlangsung di Sport Hall Bima Kota Cirebon itu diikuti 945 atlet Taekwondo dari 5 provinsi yang ada di Pulau Jawa dengan 50 tim yang berpartisipasi.

Penanggung Jawab Cirebon Open 2022, Suwiriyadi mengatakan, kegiatan tersebut sengaja diinisiasi oleh Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwonodo Indonesia Kota Cirebon dengan cakupan Jawa Barat dan beberapa kontingen jalur undangan.

“Ada provinsi di luar Jabar. Ada 4 provinsi lainnya yang berpartisipasi, ada Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, hingga Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini kejuaraan semi nasional. Antusias dari 5 provinsi ini sangat tinggi,” ujar Suwiriyadi kepada awak media, Minggu (31/7).

BACA JUGA:Hasil Piala AFF U-16 Indonesia vs Filipina: Nima Sakti Puas

Terkait dengan kategori yang diperlombakan, Suwiriyadi mengatakan ada poomsae dan kyurigi dengan divisi sejak pra-kadet, kadet, hingga senior. “Dari usia 5 tahun sampai senior itu semuanya ada disini dan dilombakan,” terangnya.

Dijelaskan Suwiriyadi, selain diselipkan persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022, tujuan dari kegiatan tersebut juga untuk promosi Kota Cirebon dari segi kuliner, wisata, hingga perkenalkan batik sebagai salah satu oleh-oleh asli Kota Cirebon.

Menurutnya, tim dari kategori senior mengirimkan beberapa atlet yang notabene akan dipersiapkan pada Porprov November 2022 ini.

“Ini ajang uji coba, pemanasan sebelum para atlet ini berlaga di babak utama Porprov nanti,” ungkapnya sambil mengatakan sejumlah daerah di Jabar yakni Kabupaten Subang, Bandung Barat dan Kota Bogor menerjunkan tim inti Porprov.

BACA JUGA:Asnawi Cetak Gol Kedua, Ansan Greeners Menang Telak Tiga Gol Tanpa Balas

Diakuinya, kompetisi tersebut cukup kompetitif. Sehingga, cukup baik untuk mengasah kemampuan para atlet yang akan bertanding di Porprov 2022 mendatang.

“Harapannya Cirebon Open ini akan menjadi agenda yang berkelanjutan. Nanti 2023 juga akan terus berlanjut di tahun selanjutnya. Ini bisa menjaring atlet untuk berkompetisi,” tandasnya.

Taekwondo Kota Cirebon berhasil menjadi Juara Umum dalam ajang Cirebon Open 2022 dengan perolehan 9 emas, 4 perak, dan 15 perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: