Yamaha-detail

Buat Para Ibu Muda, Inilah Cara Mengatasi Stres Pasca Melahirkan

Buat Para Ibu Muda, Inilah Cara Mengatasi Stres Pasca Melahirkan

Ilustrasi ibu sedang mengasuh anaknya -VĂ¢nia Raposo-Pixabay

Radarcirebon.com - Mengurus bayi baru lahir memang menjadi hal yang membahagiakan, namun ternyata juga melelahkan lho.

Kelelahan dalam mengurus bayi baru lahir bahkan dapat berujung pada kondisi stres, pasalnya hal ini bukan perkara mudah karena bisa menguras energi fisik dan mental. 

Ibu yang baru melahirkan umumnya lebih rentan mengalami stres karena kadar hormon yang belum stabil, kurang tidur, serta fisik yang belum pulih usai persalinan.

Dilansir dari alodokter via fin.co.id, berikut cara mengatasi stres saat mengurus bayi lahir:

BACA JUGA:Australia U-16 Angkat Kaki dari Piala AFF 2022, Negara Ini yang Menyingkirkannya

1. Membatasi kunjungan keluarga atau teman

Meski bermaksud untuk menunjukkan simpati dan ikut berbahagia dengan kelahiran Si Kecil, kunjungan kerabat dapat menyita waktu.

Di samping itu, sering kali ibu yang baru melahirkan mendapatkan komentar yang kurang menyenangkan terkait fisik maupun cara mengurus bayi.

2. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Saat Si Kecil tertidur, luangkan waktu sejenak untuk me time. Normalnya, bayi baru lahir menghabiskan waktu 14–17 jam dalam sehari, dengan durasi 2–3 jam setiap sesi tidur.

BACA JUGA:Johann Zarco Tercepat dalam FP 1 MotoGP Inggris, Quartararo Terancam Kena Pinalti

Di sela waktu tersebut, manfaatkan waktu untuk menonton serial kesukaan, berendam di air hangat, membaca buku, melakukan hobi, atau tidur agar tubuh kembali bugar.

3. Meminta bantuan orang lain

Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga. Piring kotor yang menumpuk atau rumah yang berantakan mungkin membuat Bunda tidak tenang.

Namun, pemulihan fisik Bunda dan menghabiskan waktu bersama Si Kecil lebih penting untuk dilakukan.

BACA JUGA:Ridwan Kamil: Didik Anak Sesuai Zamannya

Bunda dapat meminta bantuan suami atau anggota keluarga lain dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Nenek Si Kecil dan anggota keluarga lain umumnya senang ketika dilibatkan dalam mengasuh bayi baru lahir. Manfaatkan bantuan mereka agar Bunda bisa rehat sejenak dan bersantai.

4. Meluangkan waktu bersama pasangan

Bermesraan dengan pasangan mungkin terasa sulit dilakukan setelah memiliki anak. Meski sulit, sempatkan untuk melakukan quality time berdua, bahkan sekadar menonton TV.

Keluarkan keluh kesah yang Bunda rasakan. Ungkapkan kepada pasangan bahwa dukungan dan bantuannya sangat berarti dalam menjalani peran sebagai orang tua baru.

BACA JUGA:Akhirnya, Roy Suryo Ditahan Polda Metro Jaya Bersama Barang Bukti atas Kasus Dugaan Penistaan Agama

5. Memijat bayi

Saat Bunda stres, cobalah untuk memijat Si Kecil. Memijat bayi merupakan cara sederhana dan efektif untuk menjalin dan memperkuat ikatan emosional (bonding) antara orang tua dengan bayi.

Memberikan pijatan juga dapat membuat Bunda lebih tenang dan menstabilkan emosi. Penelitian bahkan mengungkapkan bahwa pijat bayi dapat menurunkan kecemasan, stres, serta gejala depresi pascamelahirkan. (FIN)

Sumber: fin.co.id

....