Wisata di Pelabuhan Cirebon, Gedung Tua Bakal Disulap Jadi Tempat Rekreasi

Wisata di Pelabuhan Cirebon, Gedung Tua Bakal Disulap Jadi Tempat Rekreasi

Salah satu bangunan tua di Pelabuhan Cirebon.--

Radarcirebon.com, CIREBON - Bangunan tua di Pelabuhan Cirebon akan disulap menjadi destinasi wisata. Hal tersebut sesuai dengan pengembangan yang dilakukan PT Pelindo II.

Pengembangan wisata Pelabuhan Cirebon mengacu pada zona pariwisata dan rekreasi pada Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Rencana pengembangan wisata dan Pelabuhan Cirebon tersebut ada pada dokumen RIP yang sebenarnya sudah ditetapkan pada tahun 2017.

General Manager PT Pelindo II Cirebon, Tengku Mursalin Rahim menjelaskan, pengembangan zona pariwisata dan rekreasi karena Pelabuhan Cirebon memiliki keunikan tersendiri.

BACA JUGA:Adam Eva

BACA JUGA:Mobil Tertabrak Kereta Api di Pangenan Cirebon, Terbakar, 4 Orang Tewas

Ciri khas dan keunikan di Pelabuhan Cirebon ini, mendorong adanya zona wisata. Karenanya, pengembangan kawasan pelabuhan ini juga berbeda dari yang lainnya.

Bahkan, untuk zona pariwisata ini lahan yang dipakai mencapai 4,5 hektare. Diantaranya menyulap bangunan-bangunan tua sebagai tempat rekreasi. 

"Ciri khas Pelabuhan Cirebon ini cukup unik dan klasik, sehingga di dalam dokumen perencanaan RIP, Kemenhub memberikan space khusus untuk zona pengembangan pariwisata dan rekreasi. Jadi menurut saya ini sangat jarang,"ungkapnya.

"Pengembangan wisata dan rekreasi, sedang kita gagas untuk di realisasikan, akan dimulai tahun ini. Kita banyak diskusi dengan sejarawan, dari Kesultanan kita juga perlu banyak masukan, untuk mengembangkan pariwisata berbasis budaya Cirebon di Pelabuhan," kata Tengku.

BACA JUGA:Irjen Ferdy Sambo Dikabarkan Ditahan, Dibawa ke Mako Brimob, Begini Kata Kadiv Humas

BACA JUGA:Tegas! Polri Bantah Jika Sudah Tetapkan Irjen Pol Ferdy Sambo Sebagai Tersangka Kasus Kematian Brigadir J

Dijelaskan Tengku, PT Pelindo akan memulai dengan menyulap sebuah gudang dengan tiga lekukan atap yang ada di wilayah Selatan Pelabuhan.

Area ini, akan jadi tempat pariwisata berorientasi budaya, ada kuliner, ada aktivitas budaya lain. Untuk memulainya, Pelindo sudah menyiapkan anggaran dan saat ini mulai konsolidasi dan koordinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: