Ki Buyut Mangun Tapa dan Pasukan Cirebon, Bertempur dengan Nini Pelet dan Kitab Jaran Goyang yang Dicuri

Ki Buyut Mangun Tapa dan Pasukan Cirebon, Bertempur dengan Nini Pelet dan Kitab Jaran Goyang yang Dicuri

Kisah Ki Buyut Mangun Tapa dan Pasukan Cirebon bertempur dengan Nini Pelet. Situs Batu Singa yang merupakan petilasan Ki Buyut Mangun Tapa.-BTNGC-radarcirebon.com

BACA JUGA:Irjen Ferdy Sambo Dikabarkan Ditahan, Dibawa ke Mako Brimob, Begini Kata Kadiv Humas

Pertempuran sengit ini, akhirnya berhasil dimenangkan pasukan Kesultanan Cirebon yang dipimpin Ki Buyut Mangun Tapa. Namun, tidak sedikit korban yang jatuh.

Bersamaan dengan kekalahan Nini Pelet itu, disebutkan terjadi letusan Gunung Ciremai dan kehancuran Istana Nini Pelet yang ada di Gunung Dulang.

Sedangkan Ki Buyut Magun Tapa dikisahkan meninggal dunia, dan dimakamkan di Desa Mangun Jaya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Meski demikian, ada juga Situs Ki Buyut Manguntapa, yang konon merupakan keturunan para wali yang menyebarkan agama Islam di tataran wilayah utara Gunung Ciremai.

BACA JUGA:Tegas! Polri Bantah Jika Sudah Tetapkan Irjen Pol Ferdy Sambo Sebagai Tersangka Kasus Kematian Brigadir J

Juga terdapat air Kahuripan yang dikeramatkan dan dijaga oleh masyarakat sekitar desa Singkup.

Beberapa orang yang berasal dari berbagai daerah terlihat sering berkunjung ke lokasi ini khususnya pada malam 1 Suro atau 1 Muharram. Cerita legenda yang beredar di masyarakat adalah tentang kepala singa.

Berdasarkan cerita masyarakat, dahulu ada seorang yang gagah perkasa sakti mandraguna, “saciduh metu saucap nyata” (ucapannya mujarab).

Namun karena kesombongannya merusak hutan yang ada di lokasi tersebut, ia kena petaka menjadi batu yang menyerupai kepala singa.

BACA JUGA:Nahas, 4 Orang Tewas Seketika Saat Mobil yang Mereka Tumpangi Tertabrak Kereta Api

Keberadaan situs Ki Buyut Manguntapa dan kepala singa berada pada satu hamparan dengan 1001 Tangga Manguntapa. Lokasi dengan ketinggian 345-400 mdpl.

Demikiah kisah legenda Ki Buyut Mangun Tapa dan pasukan dari Cirebon yang bertempur dengan Nini Pelet di Gunung Ciremai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: