Mendung Udan

Mendung Udan

Disway--

Agama memang kerapkali dijadikan komuditas untuk kepentingan pribadi atau golongan. Atas kejadian ini mungkin Jepang harus belajar dari pengalan Indonesia. Sebagai negara yang memfasilitasi agama bagi warga negaranya baik dalam pendidikan maupun pengamalannya saja masih banyak orang yang tergiur "jualan" agama. Karena pendidikan agama yang masih kurang atau praktiknya yang menyimpang, perlu kajian dan penelitian, apalagi Jepang.

 

Ahmad Zuhri

Jepang padahal negara kaya, masak untuk pemakaman mantan pemimpinnya harus sampai seperti itu ya.. Apakah ini yg dinamakan semakin kaya biasanya semakin pelit, karena takut jatuh miskin lagi.. Embuhlah..

 

Komentator Spesialis

Di Jepang sampeyan kena PHK, akan terus dapat gaji minimal 1 tahun sampai dapat pekerjaan baru. Atau masih kerja tiba tiba cacat atau gangguan jiwa, tetap akan terima gaji. Yang level gajinya seperti yang diterima sebelumnya. Sudah segitu level tunjangan sosial mereka.

 

Mirza Mirwan

Tentang kakek Shinzho Abe yang pernah menjadi PM Jepang bukanlah ayah Shintaro Abe (mantan Menlu), Kan Abe. Kakek yang ini meski pernah jadi anggota DPR belum pernah menjadi menteri, alih-alih perdana menteri. Yang pernah menjadi PM adalah ayahnya Yoko Kishi -- isteri Shintaro, ibunya Shinzo -- yang bernama Nobusuke Kishi, menjabat 1957-1960. Ibunya Shinzo, Yoko Kishi, adalah penyanyi top pada zamannya. Cantik. Terserah anda mau memberi "i" berapa. Silahkan lihat di Youtube dengan mengetik "Yoko Kishi" saja. Mongomong donasi yang mengalir ke Gereja Moon -- dari yang diadukan keluarga donatur saja -- mencapai 5,4 miliar yen (sekitar Rp583 miliar). Kalau orang yang otaknya kayak ibunya Yamagami dan pengadu lainnya ada satu juta orang, misalnya, wah....!!! Saya jadi mengerti kemarahan Yamagami. Tapi mengerti bukan berarti membenarkan tindakannya ngedorr-dorr Shinzo Abe.

 

Komentator Spesialis

Kalau saya pernah 10 tahun lebih di jepang, hal seperti ini nggak heran. Akuntabilitas, kejujuran, persistensi adalah sifat orang jepang. Jadi kalau ada pemimpin seperti mereka yang sedang berkuasa disini, begitu mudah janji, dan begitu mudah tidak menepati, itu bakal menjadi sampah di jepang. Tidak akan pernah laku dan tidak akan dipercaya selamanya. Alhasil dari situ banyak kasus bunuh diri karena merasa terbuang. Kalau di Indonesia anda lebih tahu. Akan tetap disanjung dan disanjung dengan segala pencitraannya. Kembali ke pemakaian anggaran untuk pemakaman tadi. Walaupun Shinzho Abe mantan PM jepang. Buat orang jepang, mantan ya mantan. Perhitungannya beda dalam pemakaian uang negara hasil pajak. Karena pertanggungjawaban uang rakyat sangat teliti dan ketat di sana. Sampai seperpun dipermasalahkan. Dan seharusnya mereka yang mengaku beragama Islam kalau tidak bisa atau malu menerapkan ajaran Islam yang seperti ini, cobalah berkaca kepada bangsa Jepang. Bacalah shiroh bagaimana Rosul dan para sahabat mengimplementasikan ajaran Islam. Yang itu lebih dari apa yang dilakukan orang jepang tsb.

 

Alon Masz Eh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: