8 Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Mendengkur Makin Parah

8 Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Mendengkur Makin Parah

Ilustrasi foto: -Pixabay-

5. Alkohol

Banyak orang beranggapan minum alkohol bisa jadi solusi untuk melepaskan stres dan bikin tidur lebih nyenyak. Sayangnya, mengonsumsi alkohol sebelum tidur dapat meningkatkan risiko kamu mendengkur.

Soalnya, alkohol bisa melemahkan otot pernapasan sehingga membuat jalan napas kian menyempit. Oleh sebab itu, jika tidak ingin mendengkur, hindari asupan alkohol sebelum tidur, ya!

6. Kopi

Kebiasaan minum kopi ternyata bisa bikin kamu mendengkur. Kondisi ini terjadi ketika kamu minum kopi berlebihan.

Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan saluran napas meradang. Efek kafein juga membuat kamu terjaga di malam hari sehingga bisa mengganggu pola tidur.

7. Makanan dan Minuman Tinggi Kalori

BACA JUGA:Hasil MotoGP Austria, Minggu 21 Agustus: Pecco Podium Pertama, Juara Dunia Gagal Finis

Seperti telah disampaikan, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kamu mendengkur saat tidur. Nah, berat badan berlebih bisa disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi asupan tinggi kalori.

Jenis makanan tinggi kalori, misalnya junk food, makanan olahan, dan cokelat. Sementara minuman tinggi kalori, seperti minuman kemasan dan minuman manis.

8. Telur

Berdasarkan penelitian yang dimuat International Journal of Immunopathology and Pharmacology, riwayat alergi terhadap makanan bisa meningkatkan risiko ngorok.

Contoh makanan yang bisa menyebabkan alergi dan berkaitan dengan kebiasaan mendengkur adalah telur.

Namun perlu diingat, mendengkur hanya terjadi jika kamu memiliki riwayat alergi telur. Apabila tidak punya kondisi alergi, kamu tidak perlu khawatir mengonsumsi telur.

Makanan dan minuman yang membuat mendengkur bukanlah faktor mutlak penyebab ngorok. Karena, pada dasarnya mendengkur dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk anatomi mulut dan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com