Waspada! Provinsi Bengkulu Berpotensi Diguncang Gempabumi dan Tsunami Besar

Waspada! Provinsi Bengkulu Berpotensi Diguncang Gempabumi dan Tsunami Besar

Ilustrasi gempa bumi di Kota Bogor pada pukul 21.22 WIB, Jumat 29 Maret 2024.-Paula-Pixabay

Radarcirebon.com, BENGKULU - Belakangan ini, gempabumi kerap terjadi di Indonesia.

Salah satu wilayah yang diguncang gempabumi ini adalah Provinsi Bengkulu.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Pusat Gempa Tsunami BMKG, Daryono bahwa wilayah di Provinsi Bengkulu berpotensi diguncang gempabumi besar.

BACA JUGA:Polres Majalengka Tangkap 9 Tersangka Sindikat Narkoba, AKBP Edwin Affandi: Mari Selamatkan Generasi Muda

“Bengkulu memiliki potensi gempa yang sangat besar sekali yaitu mencapai sekitar 8,4 magnitudo dan pernah terjadi pada 1844."

"Maka BMKG mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada adanya potensi ini,” terang Daryono, dikutip dari disway.id,  Kamis 25 Agustus 2022.

BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Kota Bengkulu meminta kepada masyarakat Provinsi Bengkulu untuk waspada terkait potensi akan terjadi gempa dengan kekuatan maksimal 8,9 magnitudo yang berpusat di wilayah Kabupaten Mukomuko. 

BACA JUGA:Anggota Brimob Bentak Wartawan, Komjen Pol Ahmad Dofiri Terkejut dan Langsung Katakan Ini...

Gempa tersebut juga berpotensi terjadinya tsunami dengan ketinggian ombak mencapai 15 meter.

Sementara itu Kepala BMKG Ditegaskan Dwikorita, mengatakan identifikasi sumber bahaya gempa merupakan dasar dari mitigasi bencana, termasuk mengurangi risiko bencana tsunami. 

Harapannya, meskipun saat ini keandalan InaTEWS sudah setara dengan Sistem Peringatan Dini Tsunami yang dioperasikan oleh negara-negara maju seperti  Australia, Jepang, dan India, dengan lompatan teknologi yang akan dibangun bersama oleh Konsorsium Gempabumi dan Tsunami Indonesia akan diwujudkan informasi peringatan dini yang lebih cepat, lebih tepat, dan lebih akurat. 

BACA JUGA:5 Perwira Polisi Akan Menyusul Sambo Jalani Sidang Kode Etik Profesi, Siapa Saja Sih?

Salah satu inovasi yang ditelurkan konsorsium gempabumi dan tsunami ini adalah Sistem Processing Gempabumi dan Tsunami Merah Putih.

Sistem ini akan menjadi sistem processing yang handal karya anak bangsa menggantikan sistem processing gempabumi dan tsunami yang dioperasikan saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase