Kapolda: Pemkot dan Forkopimda Kota Cirebon Diminta Inisiatif Selesaikan Konflik di Kasultanan Cirebon

Kapolda: Pemkot dan Forkopimda Kota Cirebon Diminta Inisiatif Selesaikan Konflik di Kasultanan Cirebon

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana didampingi Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar saat melakukan kunjungan kerja di Balaikota Cirebon, Selasa (31/8/2022).-dedi haryadi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON-Dalam penegakan hukum, anggota Polri harus profesional, akuntabel, transparan dan berkeadilan serta utamakan upaya restorasi  justice system.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana saat melakukan kunjungan kerja di Balaikota Cirebon, Selasa (31/8/2022).

"Bahwa upaya penegakan hukum memang tugas kita, tapi upaya penegakan hukum menjadi jalan terakhir bila kalau kita masih bisa melakukan upaya restorasi justice system. Itu yang paling bagus, karena masyarakat tidak akan merasa tersingkirkan dalam kasus-kasus tertentu,"ungkapnya.

Terkait rencana pemerintah menaikkan harga BBM, jenderal bintang dua ini meminta agar forkopimda Kota Cirebon tetap menjaga kondusifitas wilayah tetap aman.

BACA JUGA:Chico Kalahkan Momota di Japan Open 2022, Publik Osaka Terdiam

"Izinkan adek-adek mahasiswa untuk berdemokrasi, kita beri ruang berunjukrasa, tapi tolong dikelola dengan bagus dan baik sehingga tidak terjadinya aksi anarkis. Mari kita jaga dari aksi profokasi dari masyarakat tertentu terhadap situasi,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana menyinggung adanya konflik internal di Kasultanan Cirebon.

"Saya ketitap pesan dari Pak Gubernur Ridwan Kamil, beliau sudah siap menganggarkan puluhan miliar untuk melakukan renovasi perbaikan keraton Kasultanan Cirebon dan lokasi makam Sunan Gunung Jati. Cuma terhambat ada konflik yang masih terjadi di Kasultanan Cirebon. Maka dari itu, kalau bisa Forkopimda Kota Cirebon ambil inisiatif untuk menyelesaikan konflik Kasultanan Cirebon,"ucapnya.

Ditanya soal instruksi Kapolri tentang pemberantasan kasus perjudian atau 303, Irjen Pol Suntana menegaskan, pihaknya masih terus melaksanakan instruksi tersebut.

"Hingga saat ini instruksi pak Kapolri tersebut masih kami laksanakan di seluruh jajaran mulai tingkat Polda, Polres hingga Polsek,"tegasnya.

BACA JUGA:Japan Open 2022: Leo/Daniel Tumbangkan Juara Dunia 2021 di Kandangnya Sendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: