3 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW, Insya Allah Berkah

3 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW, Insya Allah Berkah

Amalan yang dapat dilakukan saat Maulid Nabi Muhammad SAW.-Ist-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Maulid Nabi merupakan perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dan tentunya, umat Islam dianjurkan melakukan sejumlah amalan.

Amalan sunah di momen Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, tidak lepas dari upaya umat muslim untuk mencari keberkahan karena Allah SWT.

Lalu, apa saja amalan yang dapat dilaksanakan di momen Maulid Nabi Muhammad SAW? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Sampai saat ini, peringatan ini menjadi perayaan besar yang dilaksanakan oleh umat mayoritas muslim sedunia, khususnya Indonesia.

BACA JUGA:Resmi Dilantik, PCNU Kabupaten Cirebon Akan Bantu Kembangkan Potensi Daerah

BACA JUGA:Berkat Gol Dimas Drajat, Timnas Indonesia Menang 3-2 atas Curacao

Pada saat zaman kenabian, tidak ada peringatan ataupun perayaan seperti ini. Namun, zaman sekarang peringatan ini diselenggarakan setiap tahun.

Sebagai informasi, maulid nabi pada tahun ini jatuh pada tanggal 7-8 Oktober 2022. Banyak agenda yang bisa dilakukan untuk memeriahkan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Namun, secara umum peringatan Maulid Nabi ini dirayakan dengan pembacaan maulid/shalawat untuk mengenang perjuangan Nabi Muhammad dalam menyebarkan agama Islam.

Selain itu, terdapat beberapa amalan yang dianjurkan dalam memperingati maulid nabi sebagai bukti kecintaan umat muslim, diantaranya sebagai berikut.

BACA JUGA:Bambang Mujiarto: Persoalan Pangan adalah Hidup Matinya Sebuah Bangsa

BACA JUGA:Anak Telan Kunci Asal Indramayu Diselamatkan Tim Medis TNI AL

Pertama, perbanyak membaca shalawat nabi, pembacaan shalawat ini bisa dilakukan saat shalat shalat atau sambil berkegiatan.

Perintah ini juga tercantum dalam Q.S Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi “… Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: