Masa Kejayaan Prabu Siliwangi di Kerajaan Pajajaran, Bertakhta di Usia 81 Tahun

Masa Kejayaan Prabu Siliwangi di Kerajaan Pajajaran, Bertakhta di Usia 81 Tahun

Macan Lodaya yang kerap diidentikan dengan Prabu Siliwangi. -Ist/tangkapan layar-radarcirebon.com

Radarcirebon.com - Masa kejayaan Prabu Siliwangi di Kerajaan Sunda yang memiliki ibu kota di Pakuan Pajajaran, justru terjadi di usia senja.

Prabu Siliwangi ketika bertakhta sudah berusia 81 tahun, tetapi mampu membawa Kerajaan Pajajaran atau Sunda memasuki masa kejayaan.

Bisa dibilang, masa kejayaan Prabu Siliwagi terjadi di bawah kepemimpinan selama 39 tahun lamanya hingga meninggal dunia di usia 120 tahun.

Pada masa kejayaan Kerajaan Pajajaran atau Sunda itu, dibangun sejumlah infrastruktur oleh Prabu Siliwangi. Mulai akses jalan penghubung Galuh dan Pajajaran.

BACA JUGA:Sejarah Bandara Kertajati, Dibangun Sejak Era Aher, Mati Suri, Siap Hidup Lagi

Kemudian juga pembangunan telaga, parit dan beragam infrastruktur untuk memperkuat pertahanan hingga kebutuhan pertanian yang menjadi sumber perekonomian bagi kerajaan.

Salah satu telaga yang dibangun adalah Warena Mahawijaya atau Rancamaya. Kemudian parit-parit di sekeliling kerajaan yang menjadi benteng kokoh pertahanan dari musuh.

Stabilitas, minimnya perang, hingga penguasaan laut, menjadi kunci masa kejayaan Prabu Siliwangi memimpin Kerajaa Pajajaran.

Meski hanya bertakhta selama 39 tahun dan mulai jadi Raja Pajajaran di umur 81 tahun, namun kisah kesuksesan Prabu Siliwangi masih diperbincangkan hingga kini.

BACA JUGA:Ferdy Sambo Bisa Bebas Dalam Hitungan Hari, Ketua IPW Yakin Berkas Bisa P21 Sebelum 120 Hari

Hal itu, menjadi bukti betapa hebatnya Prabu Siliwangi memimpin Kerajaan Pajajaran dan membawa ke masa kejayaan, kendati saat jadi raja umur dirinya saat penobatan susah 81 tahun. 

Selama menjabat, Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja melakukan banyak kebijakan strategis yang membawa kemajuan bagi Kerajaan Pajajaran. 

Mulai dari menyatukan Kerajaan Sunda Galuh dengan Pakwan Pajajaran yang kemudian menjadi Kerajaan Sunda dan memindahkan ibu kota kerajaan dari Kawali ke Pakuan Pajajaran. 

Tidak hanya itu, pembangunan infrastruktur getol dilakukan. Termasuk membangun pengerasan jalan dari Kawali menuju Pakuan Pajajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: