HPAI Sinergi Satu Aksi Untuk Bumi

HPAI Sinergi Satu Aksi Untuk Bumi

HPAI Sinergi Satu Aksi Untuk Bumi.--

Radarcirebon.com, CIREBON- Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) DPW merupakan organisasi non profit yang bergerak dibidang Lingkungan hidup, bermitra dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk mendampingi keterlaksanaan kegiatan peduli dan berbudaya lingkungan terutama di sekolah yang telah menyandang gelar sekolah Adiwiyata.

Kepada Radar Cirebon, Ketua HPAI DPW  Kabupaten Cirebon, Hj Yuniati Effendi MPd, menyampaikan, HPAI  terorganisir secara berjenjang dari Tingkat Nasional (Dewan Pimpinan Pusat) yang berkedudukan di Kota Jakarta, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang berkedudukan di setiap Propinsi dan Dewan Pimpinan Wilayah yang berkedudukan di tingkat kota/kabupaten. HPAI juga bermitra dengan CSR yaitu ASTRA yang mensuport kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan dan sosial kemasyarakatan.

Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia Dewan Pimpinan Wilayah Kabupaten Cirebon atau dikenal. “HPAI DPW Kabupatan Cirebon pada tanggal 24 September 2022 lalu telah menyelenggarakan kegiatan yang merupakan rangkaian program Jambore Adiwiyata yang digulirkan oleh HPAI pusat, kegiatan tersebut merupakan kegiatan sosial yang didukung oleh ASTRA sebagai mitra HPAI, berupa pemberian Donasi yang mengambil tema Semangat Saling Bantu,”ujar Hj Yuniati.

Dikatakannya, sasaran penerima donasi adalah petugas kebersihan di sekolah-sekolah yang telah melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan Hidup (GPBLHS), Petugas kebersihan dari berbagai instansi, seperti Dinas Sosisal, Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Departemen Agama, Dinas Lingkungan Hidup, Marbot masjid yang senantiasa menjaga keberihan tempat ibadah, dan pemulung yang mengais rejeki dengan turut mengurangi timbunan sampah.

BACA JUGA:Pelatih Pesik Satria Nurzaman Sampaikan Permintaan Maaf ke Polres Kuningan: Saya Mengaku Salah

“Kegiatan dilaksanakan terbagi kedalam tiga wilayah, yaitu wilayah barat, wilayah tengah dan wilayah timur,”katanya.

Jumlah donasi yang diberikan sebanyak 100 paket, tersebar pada tiga titik wilayah Kabupaten Cirebon yang telah di tentukan. Di wilayan Barat, acara dilaksanakan bertempat di SMA N 1 Dukupuntang, untuk wilayah tengah dipusatkan di SMA Negeri 1 Sumber dan untuk wilayah  timur kegiatan dilaksanakan di MTS N 1 Cirebon.

Kegiatan secara serentak dimulai pada pukul 8.00 WIB disemua wilayah, untuk wilayah tengah, acara dibuka oleh ketua Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia DPW  Kabupaten Cirebon, Hj Yuniati Effendi MPd sedangkan untuk wilayah lain dibuka oleh koordinator acara wilayah masing-masing.

“Alasan sasaran penerima donasi adalah dari petugas kebersihan (caraka), marbot masjid dan pemulung karena mereka adalah para pejuang lingkungan yang keberadaannya perlu diapresiasi,”tutur Hj Yuniati Effendi MPd.

BACA JUGA:Sebelum Terjadi KDRT pada Lesti Kejora, Inul Daratista Ingatkan Ini Kepada Rizky Billar

Disampaikannya, petugas kebersihan ialah pahlawan sesungguhnya yang turut berjuang menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan asri di tempatnya masing-masing sehingga menimbulkan rasa nyaman bagi orang lain untuk berinteraksi, bekerja maupun beribadah. Mereka telah berperan aktif menjaga bumi agar tetap hijau, membantu mengelola sampah yang menjadi masalah global sesuai dengan kemampuan mereka.
Mereka diperkenalkan dengan HPAI, mengenal salam HPAI Sinergi Satu Aksi Untuk Bumi.

Pihaknya memotivasi dan memantik semangat dari para penerima donasi, mengingatkan betapa pentingnya keberadaan mereka sebagai penggiat-penggiat lingkungan yang layak dihargai. Terlihat dari wajah-wajah mereka yang rata-rata telah berumur dan menjelang senja tersenyum dengan harapan kedepannya akan lebih banyak lagi orang atau lembaga yang peduli dan berbagi kebahagiaan bersama mereka.

Dengan harapan semakin banyak masyarakat yang mengenal HPAI, sebagai organiasi yang konsen bergerak di bidang lingkungan dan berperan sebagai pendamping pada kegiatan yang menumbuhkan kepedulian dan budaya lingkungan yang positif.

“Semoga apa yang dilaksanakan oleh HPAI melalui donasi Astra dengan semangat saling bantu sedikit memberikan pencerahan dan apresiasi terhadap keberadaan dan perjuangan mereka, diharapkan akan ada kegiatan serupa dengan sasaran dan jangkauan yang lebih luas sehingga bagi mereka yang saat ini belum tersentuh  akan tercerahkan. Kegiatan ini diharapkan menginspirasi banyak pihak agar turut memperhatikan keberadaan mereka sebagai bagian penting dari ekosistem yang turut merawat, menjaga ketersediaan oksigen di Bumi,”pungkasnya.

BACA JUGA:Tsamara Amany Dukung Lesti Kejora yang Berani Laporkan Rizky Billar usai Alami KDRT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: