RSUD Arjawinangun Launching Aplikasi Sirudal, Bupati Apresiasi Inovasi Layanan yang lebih efektif

RSUD Arjawinangun Launching Aplikasi Sirudal, Bupati Apresiasi Inovasi  Layanan yang lebih efektif

SeMangaT: Bupati Cirebon Drs H Imron Mag bersama jajaran direksi RSUD arjawinangun dan para tamu undangan tampak semangat dengan diluncurkannya aplikasi Sirudal.-Samsul Huda-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - PELAYANAN Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun, Kabupaten Cirebon terus ditingkatkan. Salah satunya membuat inovasi baru. Menghadirkan aplikasi Sistem Rujukan Pendaftaran Rawan Jalan (Sirudal).

Kemarin (17/10), sistem layanan tersebut resmi di-launching langsung Bupati Cirebon Drs H Imron MAg. Tampak hadir juga Sekda Kabupaten Cirebon Dr Hilmy Riva'i MA, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, dr Hj Neneng Hasanah MM.

Dalam kesempatan itu, Bupati Imron mengapresiasi konsep atau inovasi layanan yang dimiliki RSUD Arjawinangun. Pasalnya, pelayanan tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat agar terlayani dengan baik.

“Kami sangat mengapresiasi. Karena dengan aplikasi Sirudal, sangat mempermudah masyarakat untuk berobat. Jadi masyarakat yang ingin berobat ke RSUD Arjawinangun bisa daftar dari rumah, tidak usah ke RS,” ujar Imron.

BACA JUGA:Denmark Open 2022, Siti Fadia Usung Misi Balas Dendam

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr Hilmy Riva'i MA menyampaikan, sistem layanan yang digunakan sekarang sudah berubah. Dari layanan 1x24 jam menjadi persekian detik melalui layanan digital.
Dengan adanya aplikasi ini, tentu butuh support penguatan aplikasi sehingga bisa dijangkau oleh seluruh lapisan mayarakat.

“Saya sebagai mentor dan ketua TAPD juga akan mensuport dari sisi pendataan agar pelayanan Sirudal bisa berjalan optimal. Tidak hanya dilaunching tapi punya nilai manfaat yang berkelanjutan, sustainable. Masyarakat menjadi mudah,” terangnya.

Untuk support anggaran, kata Hilmy, jelas akan disokong. Sebab, selain untuk membentuk aplikasi membutuhkan anggaran, juga ke depannya dalam rangka memperkuat dan memastikan sistem tetap berjalan, dibutuhkan support anggaran juga.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Arjawinangun, dr H Bambang Sumardi MM MARS menjelaskan, inovasi diluncurkannya Aplikasi Sirudal ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang ada di RSUD. Tujuannya untuk meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Arjawinangun.

BACA JUGA:LPEI Berkomitmen Dorong Kinerja Ekspor Produk Halal

“Karena Sirudal ini merupakan konsep pelayanan yang sangat sederhana. Masyarakat tidak perlu lagi antre. Cukup dari rumah melakukan pendaftaran di RSUD Arjawinangun dan langsung dilayani,” ungkapnya.

Artinya, lanjut Bambang, efisiensi ini lah yang didapatkan dari aplikasi Sirudal. Tentunya, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Cirebon dan sekitarnya. Begitu juga manfaatnya sangat luar biasa, bisa meningkatkan mutu pelayanan demi mewujudkan visi Kabupaten Cirebon.

“Yakni menjadi kabupaten yang berbudaya, sejahtera, maju, agamis dan aman. Jadi semuanya bisa terwujud sehingga masyarakat juga akan sejahtera, tanpa ribet,” tandasnya.

Dengan aplikasi ini, tambah Bambang, antrian pasien akan terkurangi secara signifikan, tidak ada penumpukan di ruang pendaftaran. Masyarakat bisa langsung ke tempat pendaftaran hanya dengan menunjukkan barcode saja. “Selain itu, masyarakat langsung bisa menuju poli klinik yang dituju, karena sudah terintegrasi dengan sistem kami,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: