Doa Singkat Agar Dilindungi dari Bencana Alam di Musim Hujan Serta Petir

Doa Singkat Agar Dilindungi dari Bencana Alam di Musim Hujan Serta Petir

Ilustrasi petir. Foto:-Pixabay-

Doa adalah salah satu bentuk penghambaan kepada Allah. Bentuk penyerahan diri kepada ketentuan Allah.

Maka, sebagai muslim kita diwajibkan berdoa kepada Allah untuk memohon takdir yang baik, bukan takdir yang berupa musibah atau bencana.

Demikian juga saat terjadi hujan lebat dengan intensitas tinggi, dalam situasi seperti ini, kita khawatir pada bencana banjir karena debit air yang begitu tinggi.

Nah, berikut ini adalah doa yang bisa dipanjatkan untuk momohon agar dilindungi Allah dari bencana alam.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.

Doa ini pernah dibaca oleh Rasulullah saat khutbah Jumat berlangsung ketika seorang sahabat datang melapor bahwa hujan deras yang selama sekira enam hari berlangsung membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan.

Bacaan berupa doa selayaknya terus dikumandangkan sebagai bukti kelemahan diri. Namun demikian, sejumlah tindakan antisipasi juga dilakukan dengan membersihkan lingkungan.

Memastikan tidak ada penebangan hutan dan terus menanami kawasan dengan pohon yang diharapkan akan menyerap air dan menahan dari tanah longsor yang membahayakan.

Wallahu a‘lam. (jbe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: