Hari Kesehatan Nasional ke-58, Walikota Cirebon Menyinggung Soal Tantangan Dunia Kesehatan

Hari Kesehatan Nasional ke-58, Walikota Cirebon Menyinggung Soal Tantangan Dunia Kesehatan

Walikota Cirebon H Nashrudin Azis memimpin upacara Hari Kesehatan Nasional ke-58 di Balaikota Cirebon, Senin (14/11/2022). Foto: -DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM-

Radarcirebon.com, CIREBON - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 tingkat Kota Cirebon diperingati dengan menggelar upacara di halaman Gedung Setda Balaikota Cirebon, Senin (14/11/2022).

Upacara tersebut dipimpin langsung Walikota Cirebon H Nashrudin Azis dihadiri forkopimda Kota Cirebon, seluruh tenaga kesehatan serta pegawai Dinas Kesehatan Kota Cirebon.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya yang dibacakan Walikota Cirebon Nasrudin Azis mengatakan, saat ini Indonesia menghadapi masa transisi dari pandemi ke endemi.

"Pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi COVID-19, salah satunya dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang. Transisi menuju endemi dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan pada diri dan keluarga. Hal tersebut memerlukan edukasi dan penerapan secara bertahap," katanya.

Dengan mengangkat tema Bangkit lndonesiaKu Sehat NegeriKu, menurut Azis, membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memasuki masa transisi. 

BACA JUGA:Hore! Upah Minimum Jawa Barat Naik di Tahun 2023, Cek Perkiraan Kenaikannya

BACA JUGA:Pelaku Curanmor Beraksi di Polres Cirebon Kota, Motor Anggota Dalmas Diembat

"Hal ini merupakan tantangan tersendiri di bidang kesehatan. Setelah fokus pada penanganan pandemi COVID-19, kini kita dihadapkan pada penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM)," ujarnya.

Azis menyebutkan, Kementerian Kesehatan telah menyusun langkah konkret dengan melakukan transformasi sistem kesehatan yang fokus pada 6 pilar, yaitu layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM Kesehatan, dan teknologi kesehatan. 

"Semoga peringatan Hari Kesehatran Nasional ke-58 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat sehingga lndonesia bisa Kembali Sehat dan Kembali Tumbuh," pungkasnya.

Usai menggelar upacara, Sekertaris Daerah (Sekda) Kita Cirebon H Agus Mulyadi menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Dinkes Kesehatan Kota Cirebon Siti Maria Listiawaty, kategori Kota Cirebon sebagai kota prioritas dengan capaian indikator PPM terbaik di Jawa Barat.

Selain itu, penyerahan piagam penghargaan kesehatan juga diserahkan kepada instansi kesehatan maupun tenaga medis dan sekolah.

BACA JUGA:Miris! Ratusan Pelajar di Kabupaten Cirebon Bolos, Rupanya Menghindari Upacara Senin

BACA JUGA:Ratusan Siswa SMK di Kabupaten Cirebon Bolos, Diamankan Satpol PP, Mengaku Malas Upacara Bendera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: