Festival Drama Cerita Rakyat SMAK PENABUR Cirebon Kembali Digelar

Festival Drama Cerita Rakyat SMAK PENABUR Cirebon Kembali Digelar

JUARA I: Kepala SMAK PENABUR Cirebon Gunawan SSi menyerahkan piala kepada Juara 1 Festival Drama Cerita Rakyat 2022 dengan judul Ken Arok.--

Radarcirebon.com, CIREBON - Keluarga besar SMAK PENABUR Cirebon kembali menggelar Festival Drama (Festdram) Cerita Rakyat 2022. Acara itu menampilkan beragam cerita daerah dan diperagakan oleh siswa-siswi dari SMAK PENABUR Cirebon. Kegiatan tersebut diadakan di Kompleks SMPK-SMAK PENABUR Cirebon, Jumat (4/11).

Setidaknya ada 11 penampilan yang ditampilkan oleh siswa-siswi dari kelas 10 dan 11 SMA. Penampilan tersebut yakni Cerita Rakyat Leak, Nyai Anteh Sang Penunggu Bulan, Jaya Prana dan Layonsari, Roro Jonggrang, Wiralodra, Jaka Tarub, Ken Arok, Raden Wijaya, Sugriwa dan Subali, Roro Mendut, hingga Putri Hijau.

Dalam keterangannya, Kepala SMAK PENABUR Cirebon Gunawan SSi menyampaikan bahwa pihaknya melakukan kegiatan tersebut dalam rangka menumbuh kembangkan kembali kepedulian terhadap budaya dan cerita daerah yang ada di Indonesia. Sehingga, para siswa-siswi bisa terus melestarikan kebudayaan daerah.

“Juga agar siswa-siswi bisa mengembangkan talentanya dalam bidang seni, kerjasama tim dan juga melatih keberanian berkomunikasi bahasa baik itu bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah. Sehingga, bisa berguna bagi para siswa-siswi pada saat lulus nanti," ujar Gunawan.

BACA JUGA:Porprov Jabar 2022 Bermasalah: Juni Bela Surabaya, Pegulat Ini Sekarang Ikut Bekasi

Sementara Penanggungjawab Festival Drama Cerita Rakyat 2022, Siwi Susilowati SPd menyampaikan bahwa pihaknya sebagai Guru Bahasa Indonesia mengadakan kegiatan itu dalam rangka memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkreasi sekaligus memperingati bulan bahasa.

“Selain itu kita juga ingin memberikan sarana hiburan, dan penyampaian nilai-nilai didaktis dalam setiap cerita rakyat Nusantara yang dipentaskan. Sehingga pelestarian kebudayaan daerah bisa terus terjalin," katanya.

Sementara itu, Ketua Kelas XI IPA 1 yang mendapatkan Juara 1, Jonathan mengatakan, pihaknya merasa seneng sekali dan tidak menyangka bahwa kelasnya bisa menampilkan peformance yang terbaik pada saat pementasan Festdram 2022 tersebut.

“Memang apalagi dalam pelaksanaannya banyak sekali revisi dan usaha yang diberikan oleh teman-teman di XI IPA 1. Namun akhirnya berujung pada hasil yang tidak sia- sia,” terangnya.

BACA JUGA:Rudal Jatuh di Polandia saat G20 Berlangsung di Bali, G7 Mendadak Rapat

Senada, Ketua Kelas XI IPS 1 yang mendapatkan Juara 2, Herisman menerangkan, kelasnya senang sekali bisa berparisipasi dalam pementasan drama itu. Apalagi, pementasan drama itu bisa melatih kemampuan dalam bahasa Indonesia hingga dunia teatrikal.

“Hingga akhirnya senang sekali dengan hasil yang ada. Karena memang awalnya tidak menyangka bisa mendapatkan juara 2. Apalagi, melihat drama kelas lain bagus-bagus semua dan persiapannya belum matang. Intinya bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini," kata Herisman.

Best Narator yang berasal dari XI IPS 1 juga, Karenina menyampaikan dirinya merasa bangga dan senang bisa mendapatkan Best Narator dalam ajang itu. Apalagi, melalui Festdram Cerita Rakyat 2022 ini terdapat mengasah minat dan bakat dalam Bahasa Indonesia. “Aku bersyukur bisa berpartisipasi dalam Festdram ini. Apalagi, banyak hal baru yang bisa didapatkan oleh aku selaku narator," lanjutnya.

Sedangkan, Best Aktor sekaligus Ketua Kelas X IPS 1 yang menjadi juara 3, Nobel mengatakan, dirinya benar-benar merasa bangga dan senang bisa mendapatkan Best Aktor di antara siswa-siswi lainnya. Apalagi, sendari awal dirinya juga sudah senang dengan dunia akting dan ingin berperan sebagai aktor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: