Mandi Di Malam Hari Sebelum Tidur Ternyata Miliki Banyak Manfaat Baik Bagi Tubuh. Simak Penjelasannya!

Mandi  Di Malam Hari  Sebelum Tidur  Ternyata Miliki Banyak Manfaat Baik Bagi Tubuh. Simak Penjelasannya!

ilustrasi--

Radarcirebon.com – Mandi di malam hari sebelum tidur memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tetapi di balik manfaatnya, banyak orang yang mempercayai bahwa mandi malam bisa memicu berbagai masalah kesehatan tubuh.

Mandi di malam hari sebelum tidur dikaitkan dengan banyak mitos. Mitos yang banyak dipercayai masyarakat yaitu mandi malam bisa menimbulkan penyakit rematik.

Pada kenyataannya munculnya penyakit rematik tidak disebabkan oleh mandi malam. Penyakit rematik sendiri bisa disebabkan karena faktor lain. Justru, mandi malam sebelum tidur memberikan banyak manfaat bagi tubuh.   

Faktanya mandi di malam hari sebelum tidur dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berbagai penelitian telah membuktikan, bahwa mandi air hangat di malam hari sebelum tidur dapat mempercepat waktu tidur dan membuat tidur lebih nyenyak.

BACA JUGA:Brings MSMEs Indonesia to the World, Sinergi BRI dan Kemenkop UKM bawa UMKM Lokal Tampil di G-20

Untuk mendapatkan manfaat baik dari mandi di malam hari sebelum tidur, sebaiknya gunakan air panas atau air hangat untuk mandi. Dilansir dari berbagai sumber, mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan suhu tubuh yang membuat tubuh memproduksi hormon melatonin sehingga membuat tubuh jadi rileks dan tidur menjadi nyenyak.

Sebaliknya, menggunakan air dingin untuk mandi di malam hari bukan hal yang tepat karena bisa membuat suhu tubuh turun dan justru membuat lebih sulit tidur.

Selain dapat meningkatkan kualitas tidur dan melancarkan sirkulasi darah, ternyata masih banyak lagi manfaat dari mandi di malam hari sebelum tidur. Langsung saja simak ulasan manfaat mandi di malam hari sebelum tidur  dilansir dari Healthline via Fimela, Selasa (15/11/2022).

1.    Meningkatkan kualitas tidur
Mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Kita disarankan untuk menggunakan air hangat dengan suhu 40-60 derajat celcius. Cocok buat kamu yang sedang punya masalah gangguan tidur atau tidak bisa tidur di malam hari  untuk mencoba tips ini untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

2.    Menurunkan tekanan darah 
Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa berendam dalam air hangat selama 11 hingga 15 menit sebelum tidur dapat membantu menurunkan tekanan darah sebelum tidur. Sehingga membuat tubuh jadi rileks dan tidur akan menjadi lebih nyenyak.

BACA JUGA:Download Daftar Obat yang Dilarang BPOM Terbaru 2022 PDF, Silakan Simak Bunda

3.    Melepaskan racun
Mandi air hangat dapat membantu meningkatkan sistem getah bening dalam tubuh yang kemudian menyebabkan tubuh jadi berkeringat. Keringat tersebut yang keluar dari tubuh akan membawa racun dan bakteri keluar dari tubuh.

4.    Melembabkan kulit
Mandi air hangat bisa membuka pori-pori dan membersihkan kotoran yang menempel di kulit. Air dingin dapat melembabkan kulit, sehingga dapat menciptakan kulit yang lembut dan lentur.

5.    Mengurangi stress
Mandi air hangat sebelum tidur juga dapat memnghilangkan stress. Mandi air hangat memiliki efek menenangkan bagi tubuh. memanjakan diri dalam ‘ritual’ ini, maka bisa mengusir stress dan menghilangkan sejenak masalah-masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: