Yamaha 2022-09

Cerita Mistis dan Mitos yang Berkembang di Masyarakat Kota Cirebon Tentang Gua Sunyaragi

Cerita Mistis dan Mitos yang Berkembang di Masyarakat Kota Cirebon Tentang Gua Sunyaragi

Cerita Mistis dan Mitos yang Berkembang di Masyarakat Kota Cirebon Tentang Gua Sunyaragi-capture-bandoeng

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kota Cirebon merupakan Kota yang masih kental akan budaya dan tradisinya. Memiliki banyak tempat bersejarah dan cerita yang melekat di baliknya.

Konon Kotanya para Waali ini banyak lokasi yang menyimpan banyak mitos yang masih banyak dipercaya oleh warga sekitar.

Ada banyak cerita mistis yang sering kita dengear, seperti buaya putih dari Keraton Kasepuhan, dan sumur dari keraton Kanoman. Berikut ini ada cerita mistis yang terkenal dari Gua Sunyaragi.

Siapa yang nggak tahu dengan tempat wisata satu ini di Kota Cirebon? Konon katanya gua ini menyimpan banyak mitos di dalamnya.

BACA JUGA:Peduli Korban Gempa Cianjur, Macan Ali Cirebon Kirim Tim Relawan dan Logistik

Salah dua gua di sana dapat tembus ke Mekkah dan Tiongkok

Mitos pertama adalah Mitos yang paling terkenal di Gua Sunyaragi, adanya lorong yang tembus hingga ke Mekah dan Tiongkok.

Dan diyakini Walisongo dan orang tua zaman dulu bisa ke China dan Mekkah melalui lorong tersebut, sebenarnya lorong itu hanya ruangan kecil satu kali satu meter.

Patung Perawan Sunti

Selain itu, di Gua Sunyaragi juga ada mitos Patung Perawan Sunti. Patung ini terletak di depan mulut Gua Petang, dan berbentuk seperti tugu kecil. Mitosnya adalah, jika ada anak gadis yang belum menikah menyentuh patung tersebut, maka akan susah mendapatkan jodoh.

Patung tersebut merupakan filosofi dari seorang anak perawan yang hamil dan sampai melahirkan tidak melalui layaknya berhubungan seperti suami istri, akan tetapi atas seizin dan kehendak Allah.

BACA JUGA:BMW Hadir di Bazar UMKM Keraton Kacirebonan, Sri Wulandari: Cocok, Harus Rutin

Gua Kelanggenan

Mitos lainnya yang berkembang di Gua Sunyaragi adalah mitos di Gua Kelanggengan. Mitos di sini merupakan kebalikan dari Patung Perawan Sunti, yakni membuat cepat dapat jodoh.

Sesuai namanya, Gua Kelanggengan berasal dari kata 'langgeng' yang artinya abadi, awet, tahan lama. Mitosnya, jika orang yang belum menikah masuk ke gua ini, maka akan cepat dapat jodoh. Dan bagi yang sudah punya jodoh, maka akan semakin dilanggengkan.

Hal ini membuat orang-orang beranggapan, jika tak sengaja menyentuh Patung Perawan Sunti, maka cukup masuk ke Gua Kelanggengan saja untuk menangkal mitos dari Patung Perawan Sunti.

Itu tadi sederert mistos dan cerita mistis ysng berkembang di masyarakat Kota Cirebon tentahng Gua Sunyaragi. Banyak kisah menarik lainnya tentang Cirebon hanya di radarcirebon.disway.id.

Sumber: