Matahari Mau Diredupkan untuk Selamatkan Bumi, Kurangi Panas yang Mengakibatkan Kenaikan Suhu

Matahari Mau Diredupkan untuk Selamatkan Bumi, Kurangi Panas yang Mengakibatkan Kenaikan Suhu

Fenomena solstis besok terjadi.-Wikipedia-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ilmuwan mengkaji teknologi solar geoengineering agar matahari dapat diredupkan dan mengurangi kenaikan suhu bumi, yang menyebabkan perubahan iklim.

Solar geoengineering secara umum diartikan matahari yang diredupkan, sehingga dapat mengurangi panas dan suhu bumi. Cara ini, diyakini dapat menyelamatkan planet biru dari perubahan iklim dan dampaknya.

Dengan matahari yang diredupkan kenaikan suhu bumi dapat dicegah, karenanya solar geoengineering sedang benar-benar dikaji untuk diteliti lebih lanjut.

The New Yorker mengabarkan, Gedung Putih juga mempertimbangkan untuk meneliti lebih lanjut solar engineering sebagai opsi menyelamatkan bumi.

Sebab, Piagam Perjanjian Paris yang disepakati oleh 196 negara, belum berdampak signifikan dan target kenaikan suhu bumi 1,5 derajat celcius juga sulit tercapai.

Bill Mc Kibben dalam tulisannya di The New Yorker menyebut, ide meredupkan matahari terinspirasi Pinatubo, di Filipina, pada tahun 1992, secara terukur dapat mendinginkan dunia selama satu atau dua tahun.

Tetapi, ide ini tentu masih harus dikaji ulang. Terutama efek samping dari mendinginkan atmosfer dengan menembakan hal tertentu ke udara dan dapat mengurangi paparan sinar matahari.

“Saya tidak mengatakan mereka akan melakukannya besok,” Dan Schrag, direktur Pusat Lingkungan Universitas Harvard, yang bertugas di dewan penasehat proyek penelitian geoengineering yang berbasis di universitas.

Mohammed Mofizur Rahman, seorang ilmuwan Bangladesh yang merupakan salah satu penerima Degrees Initiatives, mencatat, “Ini hal yang gila.”

Begitu pula diplomat veteran Hungaria Janos Pasztor, yang menjalankan prakarsa Carnegie tentang tata kelola geoengineering, dan berkata, "Orang-orang harus curiga."

Ide meredupkan matahari sebenarnya hanya istilah. Yang dilakukan tidak dengan menembakan sesuatu atau merekayasa hal tertentu pada matahari.

Solar geoengineering adalah dengan melepas belerang dioksida aerosol ke stratosfer untuk menurunkan suhu.

Tetapi yang perlu dikaji adalah, apakah cara ini akan efektif dan bagaimana dampak bila cahaya matahari diredupkan lewat teknologi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: