Kemendagri Optimis Sumedang Mampu Adopsi Best Pratices dari Finlandia

Kemendagri Optimis Sumedang Mampu Adopsi Best Pratices dari Finlandia

Delegasi Delegasi Benchmarking Digital Services Pemerintah Kabupaten Sumedang sedang belajar ke Finlandia.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

HELSINKI, RADARCIREBON.COM - Delegasi Benchmarking Digital Services Pemerintah Kabupaten Sumedang ke Finlandia diyakini mampu adopsi best pratices Finlandia

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri RI, Dr Safrizal ZA pada saat Focus Group Discussion (FGD) di Helsinki. Sabtu malam 27 November 2022.

"Kemendagri banyak memfasilitasi daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk studi ke luar negeri, tetapi sedikit sekali yang menindaklanjuti hasilnya."

BACA JUGA:Viral Video Diduga Polisi Sedang Mesum di Kantor, Kapolres Bogor Langsung Klarifikasi

"Padahal seharusnya hasil studi ke luar negeri tersebut akan menjadi pembeda daerah tersebut dengan daerah lainnya. Saya yakin Sumedang berbeda," ungkap Safrizal.

Disampaikan agar Sumedang memanfaatkan kegiatan benchmarking untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas digital services dengan mengadopsi best practices di Finlandia. 

"Saya optimis Sumedang mampu mengadopsi perubahan paradigma digital services, dari reaktif ke proaktif sebagaimana dikembangkan oleh Kota Helsinki," ucapnya.

BACA JUGA:6 Tempat Paling Angker di Majalengka Menyimpan Cerita Menyeramkan, Percaya Tidak?

Menurut Safrizal, yang paling berat adalah merubah budaya atau kebiasaan aparatur dan masyarakat untuk berkinerja berkelanjutan. Tidak terpengaruh oleh pergantian kepemimpinan. 

"Artinya harus kerja keras, serta integritas dan dedikasi  harus menjadi iklim dan budaya kerja aparatur dan masyarakatnya."

"Sumedang saat ini telah menjadi inspirasi bagi daerah lain, sehingga harus terus memacu diri agar tidak malah tertinggal oleh daerah lain yang menirunya," tuturnya.

BACA JUGA:Sujana Jadikan Kopi Tembikar Kopi Kekinian Kopi Tembikar Tak Menghilangkan Nilai Tradisi

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, yang memimpin delegasi benchmarking Kabupaten Sumedang ke Finlandia, menyampaikan tekadnya untuk menindaklanjuti kegiatan benchmarking ini.

"Kami pastikan best practices di Finlandia, khususnya dalam digital services dan pendidikan, akan diadopsi, diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kebuturhan dan kearifan Sumedang," kata Bupati Dony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase