Inilah 3 Pengusaha Sukses yang Mendunia, Ternyata Asli Orang Majalengka

Inilah 3 Pengusaha Sukses yang Mendunia, Ternyata Asli Orang Majalengka

Irwan Suryanto--

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM – Berikut ini merupakan 3 pengusaha sukses yang mendunia yang ternyata berasal dari Majalengka, Jawa Barat. Bisnisnya tidak hanya merambah regional namun juga Internasional, jumlah perusahaannya mencapai ratusan dan bergerak di berbagai sektor.

Majalengka tidak termasuk kedalam jajaran kota besar di Indonesia, namun banyak pengusaha sukses yang mendunia terlahir dari kota kecil ini dan sudah mendapatkan penghargaan pengakuan dari dalam maupun luar negeri.  

Pengusaha sukses yang mendunia ini sudah tidak asing lagi bagi dunia usaha, Usahanya yang luas tersebar dalam berbagai sektor dengan kualitas bisnis yang baik menjadikan mereka diakui dunia. Tentunya, hal tersebut di capai dengan kesungguhan yang luar biasa serta butuh pengorbanan dan perjuangan yang sangat besar.

Seperti William Suryadjaya, yang merupakan salah satu pengusaha sukses pemilik perusahaan besar di Indonesia yang lahir dan memulai sekolah di Majalengka. Siapa sangka William Suryadjaya dulunya pernah dua kali tidak naik kelas, namun karena ketekunannya bisa melanjutkan sekolahnya kembali. Bahkan saat perusahaan anaknya ambruk, William rela melepaskan banyak saham untuk anaknya, namun kemudian William berhasil bangkit kembali dan sukses.     

BACA JUGA:Warga Kutagara Tewas Tertabrak Kereta Api Kargo
    
Berikut 3 Pengusaha Sukses yang Mendunia yang berasal dari Majalengka :

1.    William Suryadjaya
William Suryadjaya dilahirkan dengan nama Tjia Kian Liong. Lahir di Majalengka, 23 Desember 1923 dan meninggal di Jakarta, 2 April 2010 pada umur 86 tahun. Beliau sekolah di Hollands Chinesche Zendingschool di Kadipaten dan melanjutkan sekolah di MULO, Cirebon. Saat dewasa, beliau menjadi seorang pengusaha Indonesia yang terkenal karena suksesnya membangun PT Astra Internasional, sebuah perusahaan besar di Indonesia.

Pada tahuun 1957, William bersama adiknya Tjia Kian Tie dan temannya Lim Peng Hong, mendirikan PT Astra yang belakangan berkembang menjadi PT Astra Internasional. Astra awalnya memasarkan minuman ringan dan mengekspor hasil bumi. Usaha otomotif dimulai pada tahun 1968-1969. Saat itu Astra mulai mengimpor truk, dalam waktu 13 tahun saja sudah 72 perusahaan yang bernaung di bawah bendera grup itu.

Pada akhir 1992, jumlah perusahaannya mencapai 300 buah, bergerak di berbgai sektor diantaranya, otomotif, keuangan, perbankan, perhotelan dan properti.

Sebagai pengusaha sukses, William mendapatkan banyak penghargaan dan pengakuan dari dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA:Hanya 20 Menit dari Kota Kuningan, Inilah Rute Menuju Wisata Curug Landung Kuningan

2.    Irwan Suryanto
Irwan Suryanto merupakan pengusaha sukses yang mendunia yang berasal dari Majalengka, pasalnya produk dari perusahaanya mendapat pengakuan Internasional. Irwan Suryanto merupakan Direktur PT Sinjaraga Santika Sport, pengusaha bola standar sertifikasi Badan Sepak Bola Dunia (FIFA). Produk PT Sinjaraga Santika Sport dikenal dengan Triple S yang beralamat di Jl. Liangjulang No. 104 Kadipaten-Majalengka, Jawa Barat.

Produk bola dari perusahaan ini telah mendapatkan pengakuan Internasional dengan memiliki ISO 9001 – 2000 / SNI 19 – 9001 – 2001, Seritifikat FIFA, FIBA dan sertifikat khusus untuk masyarakat Eropa dari negara Italia CE Mark No. 0376. Kualitas bola mengacu kepada standar FIFA yang telah diuji melalui riset dan pengembangan yang secara terus-menerus.  

Dalam produksinya, perusahaan bola Majalengka ini bisa memproduksi sekitar 80.000 – 100.000 per bulan. Tapi pada saat even-even tertentu misalnya piala dunia, bisa memproduksi lebih dari 200.000 per bulan.  

Irwan Suryanto kini sudah tidak asing lagi di dunia usaha, khususnya dalam bisnis peralatan olahraga. Melalui bisnisnya, pria kelahiran Majalengka ini mengharumkan bola buatan Indonesia di kancah dunia, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi warga Majalengka.

BACA JUGA:Jalur Puncak Macet, Wisata ke Majalengka yang Lagi Viral Saja, Yuk Gas!

3.    Theodore Permadi Rachmat
Theodore Permadi Rachmat atau yang akrab disapa Teddy Rachmat merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia yang lahir di Majalengka 15 Desember 1943, dua tahun sebelum Indonesia merdeka. Sebelum menjadi entrepreneur, dia dikenal sebagai pimpinan Grup Astra.

Tahun 2004 Teddy nekat resign dari Astra yang telah dibangunnya dari nol. Sebagai seorang entrepreneur, ia berani mengambil resko untuk kembali merangkak dari bawah merintis Triputra Grup.

Triputrra Grup milik Teddy bergerak di bidang batubara, agroindustri, manufaktur dan dealership motor. Pada 2015, majalah forbes merilis kekayaan Teddy Rachmat mencapai US$ 1,54  miliar atau setara 21 triliun. Namanya masuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia.


Demikian informasi mengenai 3 pengusaha sukses mendunia yang berasal dari Majalengka, semoga dapat termotivasi.  (Yurita Febriyawati )

BACA JUGA:Jalur Puncak Macet, Wisata ke Majalengka yang Lagi Viral Saja, Yuk Gas!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: