Cirebon Batik Festival Digelar 2 Hari Lagi, Libatkan 54 Kabupaten dan Kota

Cirebon Batik Festival Digelar 2 Hari Lagi, Libatkan 54 Kabupaten dan Kota

Cirebon batik Festival akan segera digelar.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Cirebon Batik Festival (CBF) akan digelar dua hari lagi. Pembukaan Cirebon Batik Festival akan dilaksanakan pada Jumat (9/12/2022). 

Cirebon Batik Festival akan diawali dengan pameran UMKM dan Batik nusantara dari berbagai penjuru negeri yang bisa disaksikan di Transmart Cirebon, Jalan Dr Cipto Mangunkusumo.

Untuk pameran, berlangsung 4 hari. Diprediksi bakal meriah. Bukan saja memamerkan produk batik dari Cirebon. Melainkan pameran UMKM dan batik dari kota lain. 

Selain di Transmart, kegiatan lain yang menjadi rangkaian Cirebon Batik Festival antara lain Cirebon Fashion Carnival dipusatkan di Jalan Siliwangi, dan Jalan Sehati Berbatik dari Jalan Siliwangi dan finish di Pelabuhan Cirebon.

CBF digelar sebagai media literasi dan edukasi batik sebagai warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO. 

BACA JUGA:TKW Asal Sumberjaya Majalengka Meninggal Dunia di Arab Saudi

BACA JUGA:Gudang di Lohbener Indramayu Digerebek, Lihat Apa yang Ditemukan Polisi

Produsen batik juga telah diinventarisir untuk bisa berpartisipasi dalam acara ini. Diskusi dengan berbagai pihak telah dilakukan. Termasuk meminta masukan dan saran dari tokoh batik nasional, Komarudin Kudiya.

“Harapannya bisa sebanyak mungkin partisipasi. Tidak hanya Jabar tapi juga daerah lainnya,” ujar Ketua Umum CBF Iing Daiman, kemarin.

Iing Daiman mengatakan CBF telah siap dilaksanakan. Perizinan, kantong-kantong parkir, telah dipetakan. Masyarakat dipersilakan berpartisipasi dalam setiap rangkaian acaranya. 

Sebab selain pameran, juga ada lomba-lomba bagi masyarakat umum. Ia juga berharap, selain membuat perajin batik dan UMKM naik kelas, Cirebon Batik Festival juga dapat menggairahkan perekonomian.

CBF dilaksanakan 9-12 Desember. Dibuka langsung oleh Walikota Cirebon Nashrudin Azis di Transmart Cirebon. Total ada 70 booth. Pemkot mengundang sekitar 54 kabupaten/kota dalam pameran ini. 

BACA JUGA:Kapolri Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Terafiliasi JAD Bandung

Masing-masing disiapkan booth. Disediakan 10 booth khusus untuk UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: