BSMI Gelar Diklatsar BSMR Al Hikmah 2 Cirebon

BSMI Gelar Diklatsar BSMR Al Hikmah 2 Cirebon

DIKLATSAR: Para peserta diklatsar Bulan Sabit Merah Remaja (BSMR) siswa-siswa Pesantren Al Hikmah 2 Cirebon foto di Wood Land Kuningan Jawa Barat, belum lama ini.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Cabang Cirebon menggelar pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) untuk  aktivis di Pesantren Al Hikmah 2 Cirebon, belum lama ini. Kegiatan tersebut digelar di Wood Land, Kuningan, Jawa Barat. Diklatsar ini merupakan rutinitas tahunan bagi siswa yang punya kecenderungan di dunia medis, keperawatan, dan kefarmasian. Pematerinya, diisi dari para dokter dan perawat yang aktif di BSMI.

Ketua Bulan  Sabit Merah Remaja (BSMR) Al Hikmah 2 Masa Khidmah 2022/2023 Ayash Nurul Ain mengatakan, agenda diklatsar merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin bagi siswa-siswa di pesantren, yang mempunyai hobi di dunia kedokteran, keperawatan, dan kefarmasian. Siswa-siswa BSMR, kata Ayash,  diajarkan banyak materi. Mulai dari pelatihan bantuan hidup dasar (BHD), pembidaian, keperawatan, seluk-beluk farmasi, dan lain sebagainya.

"Alhamdulillah, alumni BSMR Al Hikmah rata-rata melanjutkan kuliah tidak jauh dari dunia medis," ungkapnya.
Ketua BSMI Cirebon, dr Oom Nurrohmah SpPD melalui ketua bidang BSMR Ajeng Wulansari Amd Farm menjelaskan, BSMR sebagai salah satu bidang dalam BSMI, merupakan wadah bagi para siswa yang punya kecenderungan ke arah dunia medis. Ajeng menjelaskan, BSMI Cirebon mengirim relawannya mendirikan rumah sakit lapangan di gempa bumi Cianjur. Selain mengajarkan tentang materi-materi yang umumnya ada di dunia kedokteran, juga membantu menemani diskusi adik-adik yang masih sekolah. Sambil memberikan pandangan terkait jurusan kuliah yang kelak akan diambil.

"Ketua BSMR Al Hikmah yang pertama, Muhammad Iqbal dari Serang–Banten, alhamdulillah diterima kuliah di Eropa Timur (Turki),” pungkas alumni STIFAR Muhammadiyah Cirebon yang sehari-hari bekerja di Klinik Spesialis Jantung ini.

BACA JUGA:Jambret di Jagapura Lor Cirebon Dimassa, Ternyata Masih di Bawah Umur

Ketua Yayasan Al Hikmah Cirebon KH Muslich Marzuki Mahdhor Lc MAg Al Hafidz melalui Kepala Pesantren Putra Muhamad Dodo Ali Murtado MPd mengatakan, Pesantren Al Hikmah yang di dalamnya ada SMP dan Madrasah Aliyah (MA), sebisa mungkin memfasilitasi para santrinya untuk mengekspresikan kecenderungan pribadinya, agar muncul dan berkembang.

BSMR yang ada di Al Hikmah, kata Dodo, adalah salah satunya untuk mewadahi siswa-siswa yang ada kecenderungan di dunia kedokteran dan sejenisnya. "Alhamdulillah para pengurus BSMI Cirebon sejak enam tahun lalu merespons dengan baik dengan secara rutin mengirimkan para dokternya  dan perawatnya untuk melatih siswa-siswa," pungkasnya.

BACA JUGA:Tragis, Pengemudi Honda BRV Tewas Saat Berkendara, Diketahui Setelah Mobil Zigzag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: