Ada Bahan Bakar Jauh Lebih Murah dari BBM dan Listrik, Pabrikan Jepang Sedang Mengembangkan Kendaraannya

Ada Bahan Bakar Jauh Lebih Murah dari BBM dan Listrik, Pabrikan Jepang Sedang Mengembangkan Kendaraannya

Konverter CNG sudah terpasang di kendaraan roda empat.-Disway-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Compressed Natural Gas (CNG) menjadi salah satu pilihan bahan bakar alternatif yang didukung oleh pemerintah sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Pemilihan CNG menjadi bahan bakar alternatif karena ada beberapa kelebihan dari gas yang mempunyai tekanan hingga 200 bar ini, di antaranya harga CNG lebih murah dari BBM serta emisi gas buang CNG sangat rendah.

Akan tetapi terdapat bahan bakar pengganti BBM lebih murah dari CNG, dengan bahan baku hitrogen berlimpah dan tidak tergantung SPBU dikembangkan Jepang.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca 28-30 Desember 2022: Berpotensi Timbul Bencana Hidrometeorologi

Bahan bakar pengganti BBM lebih murah dari CNG tersebut adalah hitrogen yang tengah di uji caba oleh salah satu pabrikan otomotif Jepang.

Meskipun demikian, murah dan persediaan berlimpah tersebut membuat pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota mengembangkan kendaraan nitrogen baru-baru ini.

Tak tangung-tangung, pengembangan mobil bahan bakar hidrogen ini dipantau langsung oleh Presiden Toyota, Akio Toyoda.

BACA JUGA:Kabar Duka! Pak Ogah Meninggal Dunia

Dalam mengembangkan mobil berbahan bakar hidrogen ini, Toyota mengaplikasikannya pada salah satu line up terbaiknya yang kemudian diberi nama Corolla Cross H2 Concept.

Pengujian Corolla Cross H2 Concept juga dilakukan secara serius, pimpinan tertinggi Toyota langsung menjajal prototipenya ini di ajang kejuaraan balap yaitu WRC di Ypres, Belgia.

Dengan mengaplikasikan bahan bakar hidrogen, hasilnya juga tidak mengecewakan, Toyota mengklaim, bahwa peforma Corolla Cross H2 Concept meningkat hingga 24 persen dan torsi 33 persen dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar konvensional.

BACA JUGA:Antisipasi Covid-19, Taiwan Kembali Wajibkan Tes PCR Bagi Pendatang Asal China

Tak hanya peninkatan tenaga, jangkauan jarak tempuh dari Corolla Cross H2 Concept juga bertambah hingga 30 persen serta waktu pengisian bahan bakar hanya membutuhkan waktu 30 detik saja.

Corolla Cross H2 Concept mengusung mesin 1.6L 3 silinder turbo yang merupakan mesin bawaan dari GR Corolla dengan teknologi direct injeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase