Teks Khutbah Jumat Singkat: Menuju Tahun Baru, Mari Muhasabah Diri

Teks Khutbah Jumat Singkat: Menuju Tahun Baru, Mari Muhasabah Diri

Amalan Serta Keutamaan yang Bisa Kalian Lakukan Sebelum Sholat Jumat-capture-NU Online

BACA JUGA:3 Doa Nabi Sulaiman, Dari Diberi Kesabaran Hadapi Ujian Hingga Diberikan Kekayaan Melimpah Ruah

langkah ini bisa menjadi wujud syukur atas karunia yang telah diberikan Allah kepada kita karena masih diberikan kesempatan untuk hidup di dunia ini.

Mudah-mudahan dengan syukur ini, nikmat Allah akan terus ditambahkan kepada kita berupa karunia dipanangkan umur kita oleh Allah sehingga kita akan bisa terus beribadah terus beramal baik di dunia.

Hadirin yang Berbahagia,

Dalam ayat ini juga disebutkan bahwa termasuk orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang selalu memperhitungkan perbuatannya sendiri, apakah sesuai dengan ajaran agama atau tidak.

BACA JUGA:Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Kita Cintai, Lafalkan Doanya dan Dapatkan Hatinya

Sehingga jika kita lebih banyak melanggar larangan Allah, maka hendaklah kita berusaha menutupnya dengan amal-amal salih.

Ayat ini memerintahkan manusia agar selalu mawas diri, memperhitungkan segala yang telah dan akan diperbuatnya sebelum Allah menghitungnya di akhirat nanti.

Ayat ini pun ditutup dengan sebuah peringatan untuk bertakwa kembali kepada Allah, karena Dia mengetahui semua yang dikerjakan hamba-hamba-Nya. 

Baik yang tampak maupun yang tidak tampak, yang lahir maupun yang batin, tidak ada sesuatu pun yang luput dari pengetahuan-Nya.

Oleh karena itu, sebagai insan yang bertakwa, mari kita senantiasa melihat masa lalu di tahun ini dan mengalkulasi, apakah lebih banyak kebaikan yang telah dilakukan dibanding dengan keburukan?

BACA JUGA:Ayat-ayat Alquran Tentang Kesabaran dan Syukur, Yuk Simak Baik-baik

Atau malah sebaliknya, banyak hal-hal yang buruk yang dilakukan sehingga kebaikan kita tertutup oleh keburukan di tahun ini?

Introspeksi ini akan menjadi modal bagi kita untuk mempersiapkan masa depan agar hal-hal yang buruk tidak terjadi lagi.

Nabi Muhammad SAW pun mengingat kepada kita semua gar terus melakukan perubahan menuju kebaikan sehingga menjadi orang-orang beruntung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: