Apa Membunuh Cicak Termasuk Sunnah? Berikut Hukum Dalam Islam dan Penjelasan Lengkapnya

Apa Membunuh Cicak Termasuk Sunnah? Berikut Hukum Dalam Islam dan Penjelasan Lengkapnya

Apa Membunuh Cicak Termasuk Sunnah? Berikut Hukum Dalam Islam dan Penjelasan Lengkapnya-ist/LIfestyle Kompas-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Mungkin ada dari kalian yang tak suka dengan cicak, hewan reptil berkaki empat yang sering dijumpai ini.

Dan apakah kalian tahu bahwa dalam Islam, membunuh cicak adalah amalan yang baik dilakukan.

Hal ini justru berkebalikan dengan agama Islam yang merupakan agama yang cinta kasih dan mBACA JUGA:Resolusi Tahun 2023 Versi Habib Husein Ja'far: Buat Resolusi Semampunya, Bukan Semaunyaelarang umatnya menyakiti binatang.

Tapi ada juga alasan di balik hal ini dan juga tertulis dalam hadist yang mendukung pernyataan tersebut.

Hikmah dan Hukum Membunuh Kadal Dalam Islam Menurut Ustadz Khalid Basalamah. Ada hadits shahih yang menjelaskan hukum Islam tentang membunuh cicak.

BACA JUGA:Macam-Macam Adab Makan dan Minum Dalam Islam Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

Dikisahkan oleh Sa’ad bin Abi Waqqash R A, bahwa Nabi SAW memerintahkan (umatnya) untuk membunuh cicak, dan beliau menyebut (cicak) sebagai hewan fasiq (pengganggu).” (HR. Muslim).

“Barangsiapa membunuh cicak dengan satu pukulan, maka ditulis baginya pahala seratus kebaikan, dan barang siapa yang memukulnya lagi, pahalanya lebih kecil dari pahala yang pertama. Dan barang siapa yang memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua” (HR. Muslim).

Dilansir dari kanal Youtube Lentera Islam, begini jawaban Ustadz Khalid Basalamah terkait hikmah dan hukum membunuh Cicak dalam Islam. 

BACA JUGA:5 Doa Harian, Sebelum Aktivitas, Memohon Rizki hingga Kesehatan

Dalam video tersebut, Ustadzd Basalaman menegaskan bahwa hukum membunuh cicak itu boleh sesuai dengan yang diriwayatkan oleh Muslim.

Selain cicak, ada beberapa binatang yang juga dianjurkan untuk dibunuh, yaitu kalajengking, ular, anjing hitam dan hewan berbahaya lainnya.

Akan tetapi terkait hikmah membunuh cicak Walllau'alambissowaf, hanya Allah SWT yang tahu.

" Sama halnya dengan kenapa Allah SWT menciptakan anjing, kenapa sholat Zuhur dan Ashar 4 rakaat, kenapa tidak digabung ? semua itu atas keinginan Allah...' tutur Ustad Khalid Basalamah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: