Jawa Barat Hibahkan Sistem Merit Kepegawaian kepada Pemkab Sijunjung Sumbar

Jawa Barat Hibahkan Sistem Merit Kepegawaian kepada Pemkab Sijunjung Sumbar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Sijunjung Benny Dwipa Yuswir melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama terkait Tata Kelola Pemerintahan dan Pengembangan Potensi Daerah di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 5 Januari 2023.-Biro Adpim Jabar-

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menghibahkan Sistem Merit Manajemen Kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatra Barat. 

Replikasi sistem manajemen ASN tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Bupati Sijunjung Benny Dwipa Yuswir, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 5 Januari 2023.

Kesepakatan bersama kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jawa Barat dengan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sijunjung. 

BACA JUGA:Benoit Badiashile Menjadi Rekrutmen Pertama Chelsea di Awal Januari 2023

"Saya senang karena ilmu itu harus ditularkan. Jadi saya hibahkan ilmu dari sistem kami kepada Pemkab Sijunjung," kata Ridwan Kamil. 

Kang Emil, sapaan akrabnya menuturkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat di masa kepemimpinannya melakukan sejumlah terobosan, salah satunya pada manajemen kepegawaian. 

Dengan teknologi sistem merit, pihaknya berhasil memberantas korupsi jual beli jabatan, hingga meningkatkan kompetensi ASN. 

"Kita punya puluhan terobosan yang kelasnya sudah terbaik se-Indonesia. Kami berantas korupsi jual beli jabatan melalui sebuah teknologi merit sistem," tuturnya. 

BACA JUGA:Rozy Zay Hakiki Laporkan Mantan Istrinya, Polda Banten: Kita Tindaklanjuti

Melalui sistem tersebut para ASN Jawa Barat akan dinilai kinerja setiap hari oleh atasan, kolega setara dan bawahan. Hal itu membuat penilaian kinerja PNS lebih objektif. 

"Yang dievaluasi jadi lebih objektif, yaitu kecerdasan, intergritas, kecakapan mengambil keputusan, dan kontrubusi kepada organisasi," sebut Kang Emil. 

Ia mengatakan, tak hanya oleh Pemerintah Kabupaten Sijunjung, inovasi sistem merit Jawa Barat juga sudah direplikasi oleh sejumlah pemda di Indonesia. 

BACA JUGA:Pendaftaran PPK Tenaga Teknis 2023 Sebentar Lagi Tutup, Buruan Daftar!

Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) juga menyebut kinerja terbaik merit sistem se-Indonesia adalah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase