Tempat Munculnya Dajjal Berdasarkan Penjelasan Nabi Muhammad, Tanda-tanda Akhir Zaman

Tempat Munculnya Dajjal Berdasarkan Penjelasan Nabi Muhammad, Tanda-tanda Akhir Zaman

Tempat munculnya Dajjal berdasarkan penjelasan Nabi Muhammad. Ilustrasi foto:-Shoeib Abolhassani-pexels.com

Meski saat ini, Dajjal sendiri belum diketahui keberadaanya dan disebut sebagai wilayah gaib atau sam'iyyat, namunumat Muslim selalu diingatkan untuk mengimani kemunculannya.

Kemunculan Dajjal yang sudah dikabarkan oleh Nabi Muhammad tersebut harus diyakini dan dijadikan peringatan agar umat muslim selalu berada di jalan Allah.

Tidak hanya mengabarkan kemunculan Dajjal di akhir zaman, Nabi Muhammad juga telah menyebutkan ciri-ciri fisik Dajjal agar umatnya menjadi waspada.

Ciri-ciri fisik Dajjal yang dijelaskan Nabi Muhammad seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud adalah, lelaki bertubuh pendek, berambut keriting dan memiliki mata yang salah satunya buta.

Sementara itu, di dalam kitab hayatush Shahabah karya Syekh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi, dijelaskan bahwa Nabi Muhammad pernah menjelaskan tentang Dajjal dalam pidato yang cukup panjang.

BACA JUGA:Gerai Mixue Pertama di Indonesia Ternyata Ada di Bandung, Cek Lokasinya di Sini

BACA JUGA:5 Rekomendasi Game Anime Android Terbaik yang Bisa Kalian Mainkan di Tahun 2023

Di dalam pidatonya itu, Rasulullah menegaskan bagwa Dajjal pasti akan muncul di tengah-tengah umat.

"Dajjal pasti akan muncul di tengah-tengah kalian," demikian dikatakan oleh Rasulullah kepada para sahabat.

Sementara itu, tempat munculnya Dajjal, juga telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad. Bahkan, Rasulullah menyebutkan nama tempat yang cukup jelas.

Nabi mengatakan bahwa, Dajjal akan muncul dari suatu tempat yang sepi yaitu wilayah yang terletak di antara Syam (sekarang Suriah) dan Irak.

Tidak hanya itu, Rasulullah juga memperingatkan para sahabat bahwa setelah muncul, Dajjal akan membuat kekacauan di dunia.

Ciri fisik Dajjal yang lain juga dijelaskan oleh Nabi Muhammad, yakni memiliki tanda kafir di keningnya. Menurut Nabi, setiap manusia yang beriman dapat melihat tanda kafir tersebut.

Demikianlah informais mengani tempat munculnya Dajjal dan ciri-ciri fisik Dajjal berdasarkan penjelasan Nabi Muhammad.

Wallahu a'lam bishawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: