Waspada Nelayan Cirebon dan Sekitarnya, BMKG: Ada Potensi Gelombang Tinggi di Laut Jawa

Waspada Nelayan Cirebon dan Sekitarnya, BMKG: Ada Potensi Gelombang Tinggi di Laut Jawa

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya peringatan terhadap potensi gelombang tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia. -Pixabay-Roger Mosley

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Gelombang tinggi air lau berpotensi terjadi di Laut Jawa bagian barat dan tengah.

Hal ini menyusul kecepatan angin di sekitar Laut Jawa berkisar 5-25 knot.

Oleh sebab itu, Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir waspada terhadap gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 17-18 Januari 2023.

BACA JUGA:Semua Sisi Dikepung! Korlantas Polri Pakai Drone untuk ETLE

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta, Selasa 17 Januari 2023.

Dia mengatakan potensi terjadinya gelombang tinggi seiring dengan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. 

BACA JUGA:Thailand Juara Piala AFF 2022, Pecahkan Rekor Usai Kalahkan Vietnam di Leg Kedua

Di wilayah Indonesia bagian selatan, dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian barat dan tengah dan perairan utara Pulau Jawa. 

"Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang tinggi," ungkap Eko Prasetyo.

BACA JUGA:Mangga Muda Ternyata Kaya Manfaat untuk Atasi Gangguan Kesehatan, Salah Satunya Jantung

Dia menjelaskan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter juga berpotensi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kep. Mentawai, perairan P. Enggano-Bengkulu.

Lalu Samudra Hindia Barat Aceh-Mentawai, Teluk Lampung bagian selatan, perairan selatan P. Sumbawa-P. Sumba, Selat Alas dan Sape bagian selatan.

BACA JUGA:Resmi Ditahan! Ferry Irawan Sampaikan Sepucuk Surat untuk Venna Melinda, Berikut Isinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase