Semua Sisi Dikepung! Korlantas Polri Pakai Drone untuk ETLE

Semua Sisi Dikepung! Korlantas Polri Pakai Drone untuk ETLE

Korlantas Polri sedang mengkaji penggunaan drone untuk ETLE atau tilang elektronik.-Korlantas Polri-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Korlantas Polri akan menggunakan drone untuk ELTE selain patroli pengawasan lalu lintas juga keperluan survei udara.

Korlantas Polri akan menggunakan drone canggih dilengkapi kamera khusus, sehingga pesawat tanpa awak tersebut bisa digunakan untuk ETLE atau tilang elektronik.

Bahkan, kamera drone yang dipakai untuk ETLE ini, memiliki kemampuan zoom atau perbesaran gambar antara 40 sampai 80 kali.

Teknologi kamera ini, memungkinkan untuk memfoto objek pada jarak sekitar 40-50 kilometer dari posisi take off dan gambar yang dihasilkan juga sangat jelas.

BACA JUGA:Mangga Muda Ternyata Kaya Manfaat untuk Atasi Gangguan Kesehatan, Salah Satunya Jantung

BACA JUGA:Resmi Ditahan! Ferry Irawan Sampaikan Sepucuk Surat untuk Venna Melinda, Berikut Isinya

"Kita akan kembangkan ini dengan melakukan penegakan hukum ETLE berbasis drone," kata Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan, yang dilansir keterangannya oleh radarcirebon.com dari Korlantas Polri, Selasa, 17, Januari 2023.

Diungkapkan Brigjen Aan, drone yang dipakai bukan sekadar pesawat tanpa awak, karena sudah dibekali baterai yang mampu bertahan selama 3 jam di udara.

Pesawat tanpa awak ini, juga dilengkapi dengan parasut dan fitur keamanan lainnya. Sehingga andai terjadi gangguan sinyal atau baterai, pesawat bisa mendarat memakai parasut.

Ada juga teknologi untuk melakukan pendaratan dengan mode return to home (RTH), ketika terjadi gangguan. Sehingga pesawat otomatis kembali ke titik awal, dan mendarat.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan! Inilah Kebiasan yang Dilakukan untuk Menyambut Tahun Baru Imlek 2023

BACA JUGA:Covid-19, PHK dan Kenaikan BBM, Menjadi Faktor Kenaikan Angka Kemiskinan di Indonesia

Tidak hanya untuk ETLE, pesawat tanpa awak ini, juga dipakai untuk keperluan survei dan monitoring arus lalu lintas. Bahkan di lokasi yang sulit dijangkau dengan kendaraan.

"Nantinya dengan kamera yang sesuai dengan specs tadi ya bisa meng-capture plat nomornya, bisa mengcapture pelanggarannya apa termasuk kecepatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: