Wow, Petani Asal Desa Tegalsari Kembangkan Padi Varietas Baru

Wow, Petani Asal Desa Tegalsari Kembangkan Padi Varietas Baru

Proses panen padi di era modern-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Petani asal Desa Tegalsari, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, berhasil mengembangkan padi varietas baru yang diberi nama UFA 2.

Petani tersebut adalah Usman Efendi.vDari hasil penemuannya itu, Dia bisa tiga kali panen padi dalam setahun.

"Petani di Desa Tegalsari yang tidak menanam padi varietas UFA 2 hanya dapat memanen dua kali dalam setahun saja, karena dipengaruhi pasokan air yang kurang baik. Alhamdulillah, hari ini (22/1/2023) saya berhasil panen meski harus berupaya keras mencari pasokan air. Ini juga membuktikan keunggulan varietas padi UFA 2,"ungkapnya kepada wartawan, Minggu (22/1/2023).

Selain masa tanam lebih cepat, Usman mengatakan, keunggulan lainnya dari UFA 2 ialah penggunaan pupuk semiorganik yang lebih hemat dibanding varietas lainnya.

BACA JUGA:Mengenal Lebah Madu Klanceng Trigona yang Bisa Bikin Cuan Semanis Madu, Lalu Zonk Pasca PT MBM Pailit

"Di lahan seluas satu hektare ini, UFA 2 hanya menghabiskan tiga kuintal pupuk, sedangkan varietas lainnya di lahan yang luasnya sama membutuhkan pupuk sebanyak 4,75 kuintal. UFA 2 maupun varietas padi yang dikembangkan dari hasil silang Ciherang Mantap dan Inpari 32 ini hanya saya jual secara terbatas kepada orang-orang terdekat saja,"katanya.

Menurut Usman, kualitas beras yang dihasilkan juga lebih bagus dan pulpen serta tidak bau.

"Dari testimoni orang yang pernah mencoba nasi dari padi UFA2 rasanya enak, pulen, dan tidak bau meski didiamkan selama sehari semalam,"pungkasnya.

Pantauan radarcirebon.com, Usaman Efendi bersama petani lainnya melakukan panen kedua disaksikan oleh Anggota DPRD Jawa Barat Hj Lili Eliyah, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon  H. Mohammad Luthfi, Kuwu dan anggota DPRD Kabupaten Cirebon lainnya.

BACA JUGA:Menolak Perpanjangan Masa Jabtan Kepala Desa, PERMAHI: Bukan Hal Urgent

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: