Cara siswa SMAN 7 Mengajak Pengendara Hormat ke Bendera Merah Putih

Cara siswa SMAN 7 Mengajak Pengendara Hormat ke Bendera Merah Putih

STOP. Siswa SMAN 7 menyetop pengendara yang melintas di jalan perjuangan saat prosesi pengibaran bendera merah putih.-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menumbuhkan jiwa nasionalisme dan kebangsaan tidak harus ditempat formal di dalam gedung mewah. Tapi mengajak masyarakat untuk bangga sebagai warga negara bisa ditunjukkan dengan cara pengendara jalan hormat saat pengibaran bendera merah putih dengan berhenti sejenak sampai proses pengibaran bendera merah putih selesai.

Hal inilah yang dilakukan siswa SMAN 7, ditengah-tengah pelaksanaan tata upacara bendera merah putih, siswa SMAN 7 kota Cirebon menyetop pengendara motor hingga mobil yang melintas di jalan perjuangan untuk berhenti dengan  memasang rambu rambu lalu lintas berbentuk kerucut untuk berhenti sementara.

Pengendara motor begitu mengetahui di stop dan melihat sedang ada proses pengibaran bendera merah putih secara spontan langsung berhenti. Namun kesadaran Untuk menghormati pengibaran bendera merah putih belum sepenuhnya dipatuhi pengendara, ada juga pemotor yang membunyikan klakson  karena jalannya ditutup beberapa menit.

Walaupun di klakson, siswa yang mendapat tugas memberhentikan kendaraan selama pengibaran bendera merah putih tetap tidak bergeming. Border penutup jalan dibuka oleh siswa begitu pengibaran bendera merah putih selesai.

BACA JUGA:BRI Kembali Buka Kesempatan Beasiswa S2 Bagi Journalist

BACA JUGA:Modus Dukun Cabul di Kuningan Memperdaya Korban yang Masih di Bawah Umur

Aris Sunaryo pengendara motor mengaku memahami ketika meminta di jalan perjuangan dan siswa SMAN 7 menyetop kendaraan yang melintas karena sedang proses pengibaran bendera merah putih. Secara tidak langsung, SMAN 7 mendidik pengendara bermotor untuk memiliki rada nasionalisme dengan berhenti sesaat sampai prosesi pengibaran bendera merah putih selesai.

"Bagus juga, kalau tidak seperti ini kita tidak tahu ada upacara pengibaran bendera," kata Aris. Cara seperti ini secara tidak langsung cukup efektif karena mengajak pengendara untuk tetap menghormati prosesi pengibaran bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia.

Aris menyayangkan masih ada pengendara yang memaksakan diri untuk menerabas border yang telah dipasang, apalagi sampai membunyikan klakson motor. Ini menunjukkan masih ada pihak pihak yang belum menyadari makna sebagai warga negara Indonesia diantaranya memilih kesadaran bernegara, termasuk menghormati saat pengibaran bendera merah putih.

"Berhenti sebentar menghormati pengibaran bendera merah putih, itu bagian dari menghormati nilai nilai kepahlawanan para pejuang yang telah berjuang meraih kemerdekaan," tegasnya.

BACA JUGA:Fakta-Fakta Seputar Preman di Kuningan yang Bikin Heboh Kota Kuda

BACA JUGA:Persib vs PSS di Stadion Siliwangi? Simak Nih Kenangan Menyeramkan Made Wirawan di Sana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: